Yuk, Kenali Permen Asli Indonesia!

Siapa tidak menyukai permen? Camilan manis ini sangat pas dikonsumsi saat Anda sedang bekerja, menyetir, atau sedang membaca. Meski banyak permen yang dijual di pasaran, ternyata Indonesia memiliki permen aslinya sendiri yang tidak kalah lezat dengan permen lainnya. Berikut permen asli Indonesia yang bisa Anda cicipi.

Ting-ting Kacang, Jawa Tengah

Banyak orang yang menyebut olahan kacang tanag cincang yang dicampur gula jawa ini dengan sebutan ting-ting atau enting-enting. Biasanya, permen ini dicetak dalam bentuk pipih, persegi panjang, atau bahkan dalam bentuk piramida. Permen asli Indonesia ini banyak ditemui di daerah Jawa Tengah seperti di Semarang dan Purworejo. Rasanya yang manis bisa membangkitkan mood-mu yang buruk dan kembali ceria.

Gula Geliat, Samarinda

Ternyata, Ibukota provinsi Kalimantan Timur, yaitu Samarinda, memiliki permen khasnya tersendiri. Permen dengan rasa manis ini bewarna coklat dan terbuat dari campuran gula aren dan gula putih yang dimasak hingga menjadi caramel. Setelah matang, adonan gula ini di tarik berulang kali hingga menjadi lebih lentur dan siap untuk dicetak dalam ukuran lebih kecil. Warnanya yang coklat ini lah yang membuat permen asli Indonesia ini memiliki sebutan sebagai permen kayu.

Permen Jahe

Pernahkah Anda terjebak macet dan menemukan pedagang kaki lima di pinggir jalan yang menawarkan permen-permen kecil dengan serbuk gula? Ternyata, permen tersebut adalah permen jahe. Sesuai dengan namanya, permen asli Indonesia ini terbuat dari jahe yang dihaluskan, lalu dimasak bersama dengan gula dan berbagai bahan lainnya. Perpaduan rasa manis pedas yang menyegarkan membuat banyak kalangan menyukai permen ini.

Permen Asem

Sebenarnya, bentuk permen ini hampir mirip dengan permen Jahe. Bedanya, permen Asem terbuat dari Asam Jawa yang dicampur dengan sedikit gula. Bagi Anda yang gemar mencicipi permen dengan rasa asam, sepertinya permen asli Indonesia ini cocok sekali untuk dibawa di dalam tas Anda. Lokasi pembelian permen ini pun sama dengan permen jahe, yaitu di kaki lima atau pusat oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *