Usaha Sampingan bagi Ibu Rumah Tangga

usaha sampinganMenjadi seorang ibu rumah tangga bisa bukan alasan Anda tidak bisa membuka usaha. Tentu banyaknya peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba. Mulai dari usaha yang benar-benar paling mungkin Anda lakukan. Fleksibilitas usaha sampingan menjadi kelebihan tersendiri bagi para pelaku bisnis di rumah ini. Jadi, apakah Anda sudah siap mulai membuka usaha? Lihat beberapa inspirasinya berikut ini.

1. First Reader

First reader adalah ungkapan bagi mereka yang bersedia memberikan review terhdapa buku yang baru saja terbit dan beredar di toko buku. Sangat cocok bagi Anda yang hobi membaca dan usaha ini akan mudah Anda jalani. Membuat resensi atau review buku dapat dilakukan di mana saja. Bisa ke tempat café yang nyaman akan mendukung mood Anda menjadi lebih baik. Tak lupa untuk mengupload review buku tersebut ke platform khusus untuk resensi. Jika semakin sering membuat review maka Anda akan dikenal enah oleh penerbit atau penulis sehingga pada buku berikutnya Anda akan diminta sebagai first reader.

Buatlah sebuah review yang berkualitas melalui penilaian objektif dari seorang pembaca. Selain itu memberikan poin penting bagaimana sebuah resensi lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh orang lain. Sehingga akan berpengaruh terhadap pembeli baru apakah mereka semakin ingin membacanya atau buku tersebut justru tidak sesuai dengan karakternya. Selain melakukannya sendiri melalui website, Anda bisa email langsung kepada penerbit atau penulis dan daftar sebagi first reader dengan mengirimkan CV terbaik Anda yang tentunya meyakinkan mereka.

2. Usaha Menjahit

Manfaatkan keahlian Anda dalam bidang menjahit. Peluang membuka usaha menjahit adalah sebuah keberuntungan karena tidak semua orang bisa menjahit dengan baik. Anda bisa membuka jahit pakaian, atau pernak-pernik lucu seperti patch yang sedang menjadi tren anak muda saat ini. Dari menjahit Anda juga bisa menghasilkan baju bayi lucu atau kostum pementasan acara yang kemudian dijual kepada tetangga dan kerabat dekat. Usaha sampingan ini hanya membutuhkan mesin penjahit, ketekunan dan mengatur waktu yang baik. Ongkos jahit yang Anda dapatkan juga sangat menguntungkan. Jika tingkatan kemampuan Anda semakin besar, bisa coba membuat baju pesta hingga pakaian adat yang tentunya bisa disewakan.

3. Menjual Kue Custom

Usaha sampingan membuat kue sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi memasak. Kue-kue kering dengan topping atau bahan yang menarik serta rasa yang enak akan membuat konsumen akan membelinya. Tetapi bukan hanya itu, Anda harus bersemangat dalam memasarkan produk dengan unik dan berbeda. Tentukan apa yang istimewa dari kue Anda. Kue custom di sini memberikan Anda kelonggaran saat bekerja, karena Anda bekerja hanya sesuai pesanan. Apakah pesanan kue kering, kue bolu, kue ulangtahun, hingga kue jajanan anak sd yang murah meriah.

4. Bisnis Online

Tahun 2018 ini dapat dipastikan semakin banyaknya usaha yang membuka lapak mereka melalui platform online terutama media sosial. Jika belum mampu membuat sebuah produk baru maka Anda bisa menjadi reseller. Usaha sampingan ini hanya dengan menawarkan produk-produk yang dipasarkan, maka Anda akan mendapatkan komisi dari tiap barang yang berhasil terjual. Jika ingin mendapatkan penghasilan penuh maka mulailah menjual produk sesuai dengan minat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *