Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

mengatur keuangan keluargaJika berbicara mengenai kebutuhan finansial, tentu Anda dan pasangan harus bisa bekerja sama bisa memenuhinya. Mengatur keuangan keluarga, masing-masing individu memiliki tugasnya sendiri entah mencari nafkah hingga mengelola pemasukan dengan baik. Berikut tips yang bisa Anda coba.

1. Inisiatif

Sebagai seorang perempuan terutama jika sudah menjadi ibu rumah tangga, biasanya dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Anda juga tentu memiliki keingan tersendiri seperti ingin membeli barang atau gadget yang disukai. Sebagian dari Anda mungkin dengan enak hati meminta kepada suami, padahal terkadang Anda tidak mengetahui keadaan uang suami. Untuk mencegah uang terpakai secara drastis karena memenuhi keinginan Anda, sebaiknya mulailah berinisiatif.

Dengan inisiatif menyisihkan uang belanja sehari, maka akan mudah membeli keinginan Anda tanpa merepotkan suami. Selain itu, seorang ibu rumah tangga juga penting memahami investasi, karena dengan modal sedikit di reksa dana dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tidak ada salahnya menyisihkan uang lalu ditanamkan menjadi investasi, dalam setahun Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat berguna bagi kebutuhan keluarga.

2. Mengubah hobi menjadi penghasilan

Memiliki tanggung jawab yang berat, berdedikasi bekerja di rumah bukan berati tidak memiliki kesempatan memiliki pekerjaan lain. Jika tidak mampu mencari penghasilan tambahan di luar rumah demi mengatur keuangan keluarga Anda, maka mulailah berbisnis. Anda bisa melalukan pekerjaan rumah dengan sedikit kesibukan yang bermanfaat dan menghasilkan. Ubah hobi Anda seperti memasak, menjahit, membuat kerajinan tangan dan lain-lain menjadi sebuah penghasilan. Dengan adanya teknologi saat ini, mudah sekali mempromosikan barang Anda kepada orang lain. Selain itu, kerabat terdekat juga bisa menawarkan produk Anda kepada teman-temannya maka produk atau jasa bisnis Anda lebih mudah dikenali.

3. Ajak pasangan untuk berdiskusi masalah finansial

Ini saatnya untuk Anda melibatkan pasangan dalam mengelola finansial bersama. Gunakan waktu yang tepat untuk membicarakannya seperti saat weekend. Memang istri berperan penting menjaga uang keluarga, tetapi tidak ada salahnya sebagai suami juga bisa mengetahui dan memecahkan masalah keuangan. Selain obrolan santai tersebut bisa mengatasi masalah, akan memberikan Anda dan keluarga untuk saling memahami dan meminimalisir pertengkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *