Tips Mengelola Uang Pensiun

uang pensiunKebanyakan orang belum mengerti tentang cara mengelola uang pensiun yang benar. Padahal jika salah mengelola uang akan berakibat fatal dan uang yang sudah ditabung selama bertahun-tahun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan malah terbuang dengan pecuma tanpa ada hasil nyata untuk masa-masa tua. Karena hal itu juga Anda harus cermat dalam mengelolanya. Jangan gunakan uang Anda dengan sia-sia, perhatikan dan ikuti tips di bawah ini untuk mengatur uang yang diterima.

1. Bedakan apa yang menjadi kebutuhan pokok dan yang hanya sekedar keinginan

Hal seperti ini sangat penting bagi semua orang untuk mengetahui perbedaan antara kebutuhan pokok dan juga yang hanya keinginan. Kebutuhan adalah hal wajib yang harus terpenuhi dan sesuatu yang tak boleh tidak, seperti makan, pakaian, listrik, air, dan juga rumah. Adapun keinginan hanyalah sesuatu yang dipenuhi hanya untuk sekedar memuaskan diri sendiri. Jika tak terpenuhi bukan sebuah masalah atau berpengaruh pada hidup kita. Contohnya perhiasan, mobil, motor, makeup, dll.

2. Fleksibel Menarik Uang

Jika Anda sudah tahu kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dan pendapatan Anda sudah bisa diprediksi baru Anda bisa melalukan penarkan atau mengeluarkan biaya uang pensiun. Kebanyakan orang hanya menarik sekitar 3 – 5 % saja setiap tahunnya, semua bergantung pada kepribadian Anda, apakah Anda orang yang konservati atau agresif.

3. Berinvestasi

Ketika mendapatkan uang pensiun, cara cerdik memanfaatkannya dengan benar adalah dengan menginvestasikannya. Ketika tua nanti mungkin Anda sudah tidak bisa seaktif seperti muda dulu, maka dari itu ada baiknya untuk menjungan hari tua Anda. Dengan berinvestasi jika Anda tidak hanya bisa mengandalkan uang pensiun saja. Investasi sama saja mendapatkan uang secara pasif, memang beresiko tetapi kemungkinan berhasil dalam sebuah usaha lebih tinggi. Sisihkan minimal 15% uang untuk investasi skala pendek, menengah atau panjang.

4. Membuat Usaha

Sadar jika Anda tak bisa memenuhi kebutuhan hanya dengan uang pensiun saja, lebih baik membuat usaha yang jelas-jelas ada hasil untuk Anda. Buatlah usaha kecil-kecilan. Alokasikan setidaknya 20% dari uang pensiun untuk jaga-jaga selama beberapa bulan kedepan jika usaha yang Anda jalankan tidak berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *