Tips Mengatur Keuangan Bagi Remaja

mengatur keuanganSaat diusia muda, kita cenderung suka berberlanja banyak tetapi yang dibeli hanyalah barang-barang yang diinginkan saja dan bukan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Membuat uang jajan yang diterima per bulannya malah terbuang cuma-cuma. Kebiasaan ini harus dihentikan sejak dini agar tak berlanjut dan justru merugikan diri sendiri. Saat remaja adalah saat yang tepat untuk mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Buat Anggaran Pengeluaran

Sesaat setelah menerima uang saku, jangan sampai lupa untuk membuat anggaran. Bagilah anaggaran dalam beberapa kategori, seperti uang jajan, uang tabungan, dan uang untuk jalan-jalan dan anggaran tak terduga lainnya. Sebisa mungkin hindari membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan agar pengeluaran menjadi lebih irit. Mengatur keuangan dengan cara ini membantumu lebih disiplin dan menahan dirimu agar tak membeli sesuatu yang tak penting.

2. Jangan Berhutang

Walau uang yang diberikan pada orangtua jumlahnya pas-pasan tapi jangan sampai berhutang pada siapapun. Tahanlah diri jika ingin membeli sesuatu agar keuangan menjadi stabil dan diri menjadi konsisten untuk mengeluarkan uang sia-sia. Jika uang yang diberikan oleh orangtua memang kurang dan sedang membutuhkan yang untuk hal penting lainnya lebih baik minta tambahan saja pada orangtua. Medisiplinkan diri dengan mengatur uang seperti ini akan membawa efek baik kedepannya.

3. Menabung dari Awal

Memang untuk remaja menabung adalah hal sulit untuk dilakukan. Tapi biasakanlah mengatur keuangan dengan cara menabung agar mendapat masa depan yang lebih baik. Tak ada salahnya jika mengorbankan diri untuk tidak membeli barang yang diinginkan atau benar-benar mengirit sejak dini tetapi bisa menikmati hasilnya di masa depan. Hal ini juga akan sangat membantumu saat kesulitan keuangan yang bakal terjadi kapan saja.  

4. Bedakan apa yang “dibutuhkan” dan “diinginkan”

Bukan hanya remaja yang memiliki masalah ini, orang dewasa pun terkadang sulit membedakan apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Coba ikuti poin pertama dengan membuat anggaran apa saja yang bakal dikeluarkan untuk sebulan kedepan dan pastikan yang akan dibeli adalah sebuah kebutuhan. Mengatur keuangan memang membutuhkan ketelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *