Tips Menemukan Ide Bisnis Inovatif dan Kreatif

ide bisnisFaktor tidak memiliki modal adalah sebuah alasan yang selalu digunakan bagi seseorang yang belum berani memulai bisnis. Tetapi ada juga karena belum menemukan ide yang sesuai dan cara melakukannya. Tidak jarang beberapa usaha yang sudah ada namun hanya bertahan sebentar sampai gulung tikar. Alasan tersebut karena memulai usaha tidak membuat rencana dan ide secara matang terlebih dahulu.

1. Melakukan Riset Produk dan Bisnis

Riset sangat berguna untuk memastikan produk bisnis Anda bisa laku di pasaran. Dengan riset Anda dapat menyesuaikan kategori produk cocok untuk konsumen yang seperti apa. Coba mencari informasi melalui internet atau melakukan sedikit survey kepada beberapa orang. Hasil yang Anda dapatkan akan membantu mengembangkan ide bisnis yang akan dijalankan secara lebih mudah.

2. Mengamati Perkembangan Tren

Perkembangan tren bisnis sangat cepat berubah, maka perlu Anda perhatikan cara ini agar produk relevan dengan banyak orang. Sesuatu yang banyak di bicarakan oleh banyak orang akan mudah menyebar dan akan membuat orang lain terpengaruh untuk ikut membelinya. Tren yang terjadi pada lingkungan sosial Anda akan membantu menciptakan ide bisnis yang berpengaruh. Seperti tren pilkada, mainana anak, tren makanan unik. Kemudian Anda bisa mencari celah dalam mengembangkan kreativitas menjadi sebuah usaha.

3. Pelajari Kesuksesan Para Pebisnis

Dengan mempelajari kesuksesan dari wirausaha yang sudah berjaya, ambil sisi keunggulannya. Dengan melihat keunggulan produk yang sudah terkenal dapat menuntut Anda berfikir kreatif sebagai ide bisnis baru. Bisa menjadi sebuah contoh yang baik apakah akan mengikuti bisnis yang sama tetapi memiliki nilai berbeda. Gunakan cara amati, tiru dan modifikasi atau yang biasa disebut (ATM). Mencari ide bisa di mana saja, maka setiap perjalanan yang Anda lalui lihat sisi menariknya dan bisakah menjadi sebuah bisnis. Setelah mengamati dan mengembangkan usaha, selanjutnya faktor terpenting adalah mempertahankan usaha Anda.

4. Menjadi Solusi dari Masalah Orang lain

Masalah yang terjadi tentu perlu adanya solusi untuk menyelesaikannya. Produk yang bergerak memberikan solusi seperti Go-jek sangat jelas manfaat yang dirasakan. Dari segi tukang ojek untuk menemukan pelanggan dengan cepat dan para pelanggan yang juga ingin menghindari macet. Melihat peluang, memanfaatkan teknologi dapat menghasilkan ide bisnis dengan solusi yang berguna oleh banyak orang. Jangan bosan untuk terus mempelajari dan menganalisa masalah yang bisa Anda lihat secara langsung atau melalui data yang kuat. Jika bisnis berjalan baik, berikan kebebasan konsumen memberikan kritik dan saran agar memperbaiki dan meningkatkan usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *