Terapkan Hidup Bersih Demi Keluarga Sehat

keluarga sehatMenjadi keluarga sehat tidak membutuhkan usaha yang berat. Cukup menerapkan pola hidup sehat di rumah yang dilakukan secara konsisten. Anda bisa membuat cara ini dengan lebih menyenangkan seperti memberikan hadiah jika peraturan dilakukan dengan baik oleh tiap anggota keluarga. Selain menerapkan pola hidup bersih ini, Anda juga bisa melindungi keluarga dengan menciptakan hidup seimbang.

1. Selalu Mencuci Tangan dengan Sabun

Memberikan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun kepada anak adalah kunci menjadi keluarga sehat. Ketika pola ini berhasil diterapkan di rumah, keluarga Anda akan secara otomatis menjaga kebersihan tangan mereka agar terhindar dari kuman di sekitarnya. Semua benda yang tersentuh oleh tangan banyak memiliki bakteri dan bisa menimbulkan penyakit. Jika Anda dan keluarga memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, sangat mudah terkena penyakit ringan seperti flu atau gatal yang disebabkan oleh tangan yang kotor.

2. Rajin Membersihkan Kamar

Siapa yang tidak betah dengan ruangan kamar yang bersih? Tanamkan pada anak dan anggota keluarga untuk setidaknya membersihkan tempat tidur saat mereka bangun. Perlahan kebiasaan tersebut akan merambat menjadi membersihkan seluruh bagian kamar lainnya. Kamar yang tertata rapih dan bersih akan membuat Anda tidur terasa lebih nyaman. Keluarga sehat terlihat dari kepribadian mereka melalui kebersihan kamar setelah dipakai.

3. Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

Tumpukan sampah yang ada di rumah Anda sangat mengundang penyakit. Beberapa jenis binatang menyukai tempat kotor, lembab dan bau yang membuat rumah menjadi tidak sehat. Ajari setiap anggota keluarga membuang sampah sesuai jenisnya itu akan jauh lebih baik. Usahakan memiliki tempat sampah di dalam rumah dan luar rumah, agar sampah sekecil apapun dapat dengan mudah dibuang sehingga rumah akan selalu terlihat bersih.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Selain menerapkan hidup bersih di lingkungan rumah, mengkonsumsi makanan sehat adalah pelengkap agar terciptanya keluarga sehat. Usahakan agar tiap keluarga Anda untuk sering mengkonsumsi buah dan sayuran. Mencuci buah dan sayur sebelum Anda konsumsi serta kurangi makanan yang mengandung penyedap atau fast food terlalu sering.  Terakhir, penting untuk diperhatikan yaitu minum air putih secara teratur untuk menjaga kondisi tubuh keluarga Anda agar tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *