Teknik Memasak Kudapan Nusantara Paling Populer

Tidak bisa di pungkiri jika rasa masakan Indonesia sangat bercitarasa dan selalu bisa mengundang orang untuk mencicipinya meski dari aromanya saja. Untuk menciptakan masakan yang lezat dan kaya akan rasa, tentu saja membutuhkan bumbu dan tekni memasak khusus. Dari sekian banyak teknik memasak yang hadir di dunia perkokian, berikut beberapa teknik memasak hidangan Indonesia yang paling populer.

Kukus

Bila Anda tidak terlalu suka dengan masakan yang penuh dengan minyak, mungkin Anda bisa memilih masakan yang diproses dengan teknik mengukus. Selain lebih sehat, kesegaran bahan masak pun masih bisa Anda rasakan saat menggigit setiap potongannya. Dari sekian banyak masakan Indonesia yang bisa Anda cicipi, kudapan yang diproses menggunakan teknik memasak dikukus antara lain Pepes, Garang Asem, dan Botok.

Bakar

Hidangan yang duat dengan teknik memasakan dengan dibakar biasanya memberikan citarasa yang lebih otentik, apa lagi jika bahan dasar masakan tersebut adalah daging. Juice dari daging yang dibakar akan keluar dan membuat hidangan menjadi lebih gurih. Makanan Indonesia yang melewati proses memasak seperti ini antara lain Sate, Pecak Ikan Mas, dan Nasi Bakar.

Rebus

Selain dikukus, teknik memasak yang menyehatkan adalah direbus. Akan tetapi, jangan pernah terlalu lama merebus bahan masakan, karena akan menghilangkan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika Anda penyuka makanan sehat, mungkin kudapan rebus seperti Pecel, Gado-gado, Soto Ayam, dan Gudeg.

Goreng

Hidangan yang renyah tak jarang membuat selera makan seseorang dapat bertambah. Meski tidak terlalu baik mengonsumsi makanan yang digoreng, Anda bisa mengakalinya dengan mengganti minyak kelaa sawit dengan olive oil. Sementara itu, beberapa makanan Indonesia yang dibuat dengan teknik memasak ini adalah Ayam Goreng, Nasi Goreng, dan Telur Dadar.

Tumis

Teknik memasak populer terakhir untuk masakan Indonesia ialah dengan cara ditumis. Teknik ini hanya menggunakan sedikit minyak untuk menumis, sehingga Anda tidak akan merasa greasy saat menyantapnya. Beberapa masakan Indonesia yang menggunakan cara ini tidak lain adalah Tumis Kangkung, Telur Balado, dan Udang Saus Padang.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *