Sajian Langka Indonesia Yang Wajib Anda Cicipi

Ragam kuliner Indonesia memang tidak ada habisnya. Bahkan, banyak sajian Indonesia yang dibuat menjadi lebih modern dan kekinian, sehingga tidak ketinggalan zaman. Meski begitu, ternyata banyak juga kuliner yang menjadi sajian langka Indonesia, karena makanan tersebut kini tidak banyak diproduksi lagi atau peminatnya sudah berkurang. Berikut segelintir sajian lanka Indonesia yang perlu Anda cicipi.

Kue Balok, Pasundan

Sekilas, tampilan kue balok mirip dengan kue pukis, bedanya kue ini bentuknya lebih mengotak. Salah satu sajian langka Indonesia ini berasal dari tanah Pasundan. Untuk membuat kue ini pun tidaklah sulit, Anda hanya perlu mencampurkan terigu, margarin, dan baking soda. Setelah itu, panggang adonan kue di atas cetakan khusus yang berbentuk kotak. Rasanyanya yang manis membuat sajian ini cocok sebagai menu takjil saat berbuka puasa, karena bentuknya yang padat dengan kalori mampu menggantikan energi yang terkuras selama berpuasa.

Oli Jepret, Bogor

Meski namanya Oli Jepret, bukan berarti sajian langka Indonesia ini terbuat dari oli, ya. Rasa kudapan ini memiliki perpaduan manis dan gurih, sehingga sangat cocok ditemani dengan secangkir teh atau kopi. Bahan membuat kue ini pun mudah, cukup peras singkokng telah diparut hingga megeluarkan sarinya. Nah, sari dari singkokng ini yang dioleh menjadi oli jepret.

Gulai Pucuk Rotan, Jambi

Sebagian orang mengenal rotan sebagai kerajinan tangan. Padahal, rotan bisa diolah menjadi sajian yang nikmat. Rotan yang digunakan untuk membuat sajian langka Indonesia ini adalah bagian ujung muda, atau pucuk rotan. Selanjutnya, rotan ini diolah seperti gulai pada umumnya. Bila Anda yang menyukai makanan pedas mungkin bisa menambahkan sedikit cabai sebagai bumbu tambahan di gulai Anda.

Lele Laut Blekecek, Bantul

Selain dikenal dengan pantainya yang Indah, Bantul menyimpan sejuta pesona kuliner laut yang bikin Anda ketagihan dari awal mencobanya. Salah satunya adalah olahan lele laut yang diberi nama lele laut blekecek. Mungkin, banyak orang yang tidak tahu bahwa ada jenis lele yang bisa hidup di laut. Untuk membuat olahan ini tidaklah sulit, Anda hanya membutuhkan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, kemiri, dan garam. Jangan lupa untuk memasukan lelenya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *