Sajian Jogjakarta yang Patut Kamu Coba

sajian jogjakartaSelain terkenal dengan kota sejarah, Jogja juga terkenal dengan kota kuliner, dari mulai jajanan hingga makanan berat yang bikin kamu kenyang dan puas. Kota dengan beraneka kuliner ini membuat Jogja menjadi tempat wisata para turis lokal maupun mancanegara yang berburu makanan lezat dan menggugah selera, maklum Jogja menyediakan semua apa yang diperlukan. Liburan kamu tidak akan seru jika kamu tidak mencicipi makanannya. Berikut ini adalah daftarnya sajian Jogjakarta wajib  kamu coba:

1. Gudeg

Sajian Jogjakarta yang paling banyak di cari adalah Gudeg. Gudeg tentu sudah tidak asing lagi buat para pecinta kuliner. Gudeg adalah makanan terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan menggunakan santan. Ada tiga jenis Gudeg yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli yang kering serta bisa bertahan lama. Jangan khawatir dan bingung saat kamu di sana dan ingin membeli gudeg, karena cabang penjual di Jogja sangatlah banyak.

2. Krecek

Sambal krecek merupakan salah satu sajian khas Jogjakarta banyak disukai oleh warga lokal maupun mancanegara. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan gudeg yang mempunyai rasa manis sehingga dapat menambah selera makan dan pas jika di tambah krecek.

3. Bakpia

Bakpia adalah oleh-oleh khas Kota Jogjakarta, yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, dibalut dengan kulit, dan terbuat dari tepung kemudian dipanggang. Ada beberapa variasi isi rasa yang berbeda, seperti durian, cokelat, keju dan masih banyak lagi. Hal ini untuk menyesuaikan dengan selera masing-masing pembeli agar lebih puas dengan rasa kesukaan kamu.

4. Bakmi Jogja

Bakmi Jawa Jogjakarta atau Mi Jawa adalah sajian Jogjakarta dengan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan menggunakan racikan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Jadi sebenarnya olahan mi Jawa bukan hanya bakmi godog atau bakmi yang direbus dan diberi kuah, namun sajian Jogjakarta satu ini memakaikan mie goreng yang dimasak dengan racikan bumbu yang hampir sama tetapi menggunakan kuah dan disajikan dalam keadaan kering.

5. Walang/Belalang Goreng

Belalang Goreng meruapak sebuah sajian Jogjakarta dari Gunungkidul yang perlu kamu coba. Tidak heran jika banyak orang merasa geli untuk mencoba makanan Jogja yang satu ini. Walang diolah menjadi makanan yang memiliki banyak gizi, dan mempunyai kandungan protein yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan.

Bagaimana dengan makanan khas Jogjakarta tersebut? Menarik, khan? Kamu pasti ingin mencicipi masakan Jogja yang pastinya memiliki rasa masakan berbeda dengan kota lain. Jangan lewatkan sajian khas Jogjakarta ini, dan juga jangan pulang tanpa membawa oleh-oleh dari kota sejarah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *