Masakan Padang Paling Lezat

masakan padangMasakan Padang adalah salah satu jenis restoran yang bisa ditemukan hampir seluruh kota di Indonesia. Makanan jenis ini sangat digemari karena menyajikan berbagai menu yang tidak hanya istimewa, tetapi juga mempunyai rasa yang lezat. Didominasi dengan masakan berasa pedas, masakan dari daerah Sumatra Barat ini telah menjadi favorit orang-orang di Indonesia. Berikut ini daftar masakan Padang yang kamu harus coba:

1. Sate Padang

Sate Padang adalah sate yang dibuat dengan resep khusus dari Padang. Makanan ini dibuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dengan saus pedas di atasnya. Bahan utamanya adalah saus kuning yang di bikin dari tepung beras diaduk dengan kaldu jeroan pedas, jahe, bawang putih, kunyit, jinten, bubuk kari, ketumbar, lengkuas akar dan garam. Di Medan, sate tersebut tidak hanya menggunakan daging sapi tetapi juga daging ayam dan kambing. Makanan lezat ini mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik jika dimakan terlalu sering. Cocoknya paling nikmat disantap bersama sepiring nasi putih dan segelas es teh dingin.

2. Ikan Balado

Balado merupakan salah satu sambal dari Sumatra Barat. Kebanyakan masakan Padang memiliki resep balado khasnya sendiri. Bahan dasar dari sambal ini adalah bawang merah, air jeruk nipis, tomat, cabe, garam dan gula. Tak hanya di Indonesia, masakan ini juga sangat digemari oleh negara tetangga, khususnya Malaysia dan Singapura. Biasanya, sambal balado tersebut dicampur dengan ikan goreng. Ikan yang disajikan dengan balado mempunyai rasa pedas-manis yang tajam terasa lebih spesial di lidah dan mampu membangkitkan selera makan kamu.

3. Rendang

Kelezatan masakan Padang satu ini juga sudah mendunia. Rendang adalah sebuah menu yang harus ada di setiap restoran Padang. Rendang bahkan sudah diakui kelezatan makanan Padang tersebut oleh kalangan internasional, bahkan sudah dimasukkan ke dalam daftar masakan paling sedap di dunia di CNN. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu-bumbu dari Padang. Masakan Padang tersebut cocok untuk dimakan dengan sepiring nasi hangat dan segelas es teh buat lebih dinikmati.

4. Teh Talua

Teh adalah sebuah minuman yang kelezatannya sudah terkenal di seluruh dunia. Berbeda daerah berarti berbeda cara penyajian teh. Banyak macam-macam jenis teh Indonesia yang biasa disajikan di berbagai restoran. Nah, jika kamu berbicara tentang masakan Padang, maka Teh Talua adalah salah satu menu yang harus ada. Teh ini cukup berbeda dengan yang lain karena penggunaan kuning telur yang dicampurkan saat proses penyajiannya. Yang dicampur di dalam teh unik ini adalah telur ayam atau bebek, dan kalau kamu mau, bisa ditambahkan dengan gula dan jeruk nipis.

Bagaimana, bikin kamu ingin mencoba masakan Padang yang unik-unik ini, kan? Padang memang memiliki masakan khas yang kamu pasti tidak akan pernah bosan memakannya. Jadi, untuk yang ingin berlibur ke Padang atau mau makan masakan tradisional dari Padang, jangan lupa mencoba makanan yang ada di daftar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *