Masakan Khas Aceh yang Terkenal

masakan khas acehProvinsi di ujung Indonesia yang pernah mengalami dampak tsunami beberapa tahun yang lalu ini ternyata tidak membuat masyarakat Aceh terpuruk. Hingga kini mereka masih bisa bangkit dan lebih maju. Kota ini ternyata juga menyimpan sejuta pesona kenampakan alam yang memanjakan mata. Selain pantainya yang indah, ternyata kota ini memiliki beragam masakan khas Aceh. Penasaran apa saja kuliner Aceh yang memuaskan perut kamu? Berikut adalah top list makanan Aceh menarik untuk disimak:

1. Mie Aceh

Satu jenis masakan dari Aceh yang orang-orang tahu tidak hanya di tempat asalnya, tapi juga terkenal di kota-kota besar di Indonesia, dan memiliki dua jenis tipe, yaitu dengan digoreng ataupun disajikan berkuah. Kamu juga bisa memesan mie Aceh dengan rasa pedas atau rasa gurih. Mie khas provinsi ini disajikan dengan tambahan lauk mulai dari sejenis seafood ataupun daging.

2. Gulai Kambing

Masakan khas Aceh selanjutnya adalah gulai kambing. Masakan Aceh ini selalu dihidangkan dalam keadaan panas. Dagingnya empuk ditambah dengan bumbu istimewa dari Aceh cukup membuat mulut yang senang. Jangan lupa berikan perasan jeruk nipis saat menyantap gulai daging kambing ini agar ada sedikit kesegaran saat menyantapnya.

3. Rujak Aceh

Rujak Aceh sebagai masakan khusus Aceh ini memiliki rasa yang berbeda dengan rujak yang kamu pernah mencicipi. Rasa ini diperoleh dari buah yang dipakai dalam sajian kuliner rujak tradisional Aceh. Hidangan ini berisi buah rumbia Aceh disiram dengan saus rujak, bikin menikmati disajikan dalam keadaan dingin ataupun ditambah dengan es serut. Cocok disantap pada siang hari saat cuaca sedang panas.

4. Sanger

Sanger adalah sejenis minuman yang kamu hanya bisa temuin di Aceh. Sanger atau juga sering di sebut kopi sanger ini mirip dengan cappuccino, namun beberapa orang mengatakan kopi tersebut lebih nikmat. Selain itu, tampak kopi sanger tersebut sangat mirip dengan kopi susu biasa, tetapi saat kamu mencicipinya, minuman ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan yang lain. Memang dari dahulu Aceh terkenal dengan khas kopi saring/tariknya. Bagi para pecinta kopi pasti akan segera dapat merasakan bedanya, apabila sudah merasakan kopi Aceh.

5. Meuseukat

Meuseukat ini merupakan salah satu kue tradisional dari Aceh atau semacam dodol nanas dari Aceh. Meuseukat terbuat dari tepung terigu dan campuran buah nanas, paduan yang unik dengan cita rasa unik. Meuseukat sangat jarang ditemukan dipasar-pasar dan terkadang harus dipesan terlebih dahulu. Sebelumnya meuseukat sering diadakan pada acara-acara Aceh seperti perkawinan, kini meuseukat dapat juga dijadikan oleh-oleh buat pengunjung untuk dibawa pulang ke kota masing-masing.

Bagaimana, bikin kamu penasaran tidak dengan rasanya? Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota Aceh untuk mencicipi sajian masakan khas Aceh, ada baiknya buat kamu mencatat tempat wisata Aceh yang kamu ingin kunjungi dan dekat dengan penjual kuliner Aceh tersebut. Jadi, selain kamu bersenang-senang dan memanjakan mata, kamu juga bisa memanjakan perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *