Makanan Malang yang Wajib Dicoba

makanan malangDaerah Malang memang terkenal sebagai kota pelajar, kota budaya, dan kota wisata, tetapi juga populer dengan menu kuliner yang khas. Sejumlah makanan Malang memang berbeda dari kota yang lain, baik dari campuran bahan yang digunakan, cara pengolahan, serta rasanya. Jika kamu sedang berkunjung ke Malang, tidak perlu khawatir jika kamu mau mencari makanan karena tersedia aneka makanan Malang menggugah selera dan dijamin membuat kamu ketagihan.

Sambil menikmati destinasi wisata Malang yang indah di lihat, atau serunya bermain di pantai wisata Malang dan sebagainya, kamu dapat mencicipi lezatnya makanan Malang ini. Yuk, simak makanan apa yang harus kamu coba:

1. Rawon

Mungkin makanan Malang tersebut tidak asing lagi karena cukup mudah didapat di luar daerah Malang. Rawon adalah sup daging sapi namun kuahnya berwarna hitam karena menggunakan bumbu kluwak. Rasa alami khas Indonesia akan lebih terasa karena makanan ini memakaikan bumbu-bumbu tradisional, seperti bawang merah dan putih, pengkuas, serai, cabe, minyak nabati, ketumbar, dan kunyit. Kamu akan dihindangkan sajian Rawon yang istimewa dengan potongan-potongan daging sapi yang besar dan empuk, kuahnya yang tidak terlalu pekat, serta tidak mengandung banyak lemak.

2. Bakso Bakar

Dibanding dengan makanan yang telah disebutkan, makanan Malang ini sebenarnya jenis kuliner yang masih termasuk lumayan baru. Bakso bakar pertama kali diperkenalkan oleh Pak Man atau Suparman pada tahun 1997 silam. Sebagaimana cara membuat pada umumnya, bakso tersebut dibuat dari daging sapi, digiling, direbus, kemudian dibakar. Tentunya sebelum dibakar, kamu harus melumuri terlebih dulu dengan saos, kecap dan bumbu-bumbu.Makanan Malang ini sehabis dibakar aromanya akan sangat harum, memiliki rasa nikmat dan pedas.

3. Angsle

Apakah kamu suka makanan manis atau ingin makanan pencuci mulut? Kamu dapat mencicipi makanan Malang lainnya yang manis-manis, salah satunya adalah Angsle. Angsle adalah minuman yang mirip dengan makanan Indonesia yang bernama sekoteng. Angsle biasanya dijual dan dimakan hangat-hangat sehingga lebih lezat dinikmati saat malam atau cuaca dingin. Ini sangat cocok dengan udara Malang yang menjadi dingin di malam hari. Isinya Angsle sebenarnya mirip dengan sekoteng, seperti irisan roti, kacang tanah disangrai, dan kacang hijau rebus. Bedanya, isian Angsle masih memiliki bahan lain seperti putu mayang, tape singkong, bubur mutiara dan ketan putih kukus. Sekoteng tidak menggunakan kuah santan, tapi Angsle menggunakan kuah santan yang direbus dengan daun pandan.

4. Es Durian Dempo

Kali ini, kamu harus mencicipi makanan Malang lainnya, yaitu Es Durian Dempo. Sajian yang satu ini dibuat dari durian dicampur dengan serutan es batu, lalu disiram dengan susu kental manis dan ditambah lagi dengan sirup. Karena pencuci mulut ini menggunakan es, lebih baik jika dinikmati saat siang hari atau saat cuaca panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *