Makanan Khas Bali Yang Harus Kamu Coba

makanan khas baliBerwisata ke suatu tempat sebaiknya tidak hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja, tapi ada hal lain yang juga wajib kamu coba yaitu kuliner khas dari daerah yang kamu kunjungi. Selain mempelajari seni dan budayanya, tentunya kamu ingin merasakan makanan istimewa dari daerah tersebut. Jika kamu sedang berkunjung ke Bali,  ada  beberapa makanan khas Bali yang wajib dicoba oleh kamu. Apa sajakah makanan khusus Bali? Mari simak daftar makanan di Bali berikut ini.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan makanan istimewa Bali telah dikenal oleh setiap wisatawan yang sering berkunjung ke Bali. Rasa pedas, gurih, dengan aroma rempah-rempah yang sedap dan tajam, merupakan ciri khusus dari makanan ini. Proses pembuatan dari kuliner ini melalui tahap-tahap pengelolahan. Setelah ayam dibalut dengan aneka bumbu pilihan, ayamnya akan direbus selama beberapa jam. Proses terakhir buat kuliner ayam ini adalah ayam yang telah direbus akan dibakar atau digoreng sesuai dengan selera kamu.

2. Sate Lilit

Berbeda dengan sate biasa yang dagingnya ditusuk, Sate Lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu khas dari Bali. Habis itu, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya pasti akan cocok di dalam mulut kamu, empuk dan gurih! Telebih pada sate ini yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium aroma yang lezat saat di bakar. Daging yang digunakan adalah antara daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, masakan khas pulau Bali ini menggunakan daging ikan tenggiri yang menjadi primadona di Bali.

3. Babi Guling

Babi guling merupakan salah satu jenis makanan dari Bali dengan bahan baku utama seekor babi. Warna kulit makanan ini yang kecoklatan sungguh renyah di lidah. Apalagi dagingnya yang empuk dan kaya rempah-rempah. Perutnya akan diisini dengan aneka bumbu dan sayuran, lalu akan dipanggang sembari diguling-guling atau diputar-putar sampai dengan warna pada kulit berubah menjadi kecoklatan dan terasa renyah. Menu Babi Guling biasanya disediakan dengan nasi putih bersama lawar, sate lilit, dan semangkuk kecil jukut ares.

4. Jukut Ares

Jukut ares merupakan salah satu kuliner khas pulau Bali yang istimewa. Makanan ini disajikan pada saat upacara keagamaan, namun bisa juga dimakan di hari biasa. Masakan ini terbuat dari irisan tipis pohon pisang muda yang diolah bersama dengan daging babi dan diberi aneka bumbu khusus.

5.Be Pasih Mesambel Matah

Arti dari be pasih mesambel matah makanan khas Bali ini adalah ikan laut sambal mentah. Ikan laut segar yang telah diberi bumbu spesial akan dipanggang hingga matang. Ikan ini akan terasa lebih enak jika dipanggang menggunakan arang dari batok kelapa. Jika kamu mau lebih menikmati ikan bakar tersebut, lebih baik disiapkan bersama dengan sepiring sambal mentah.

Bagaimana, apakah kamu sudah tidak sabar untuk mencicipi kuliner ini? Memang Bali adalah tempat yang indah untuk berlibur, tapi jangan lewati kulinernya. Kamu akan menyesal jika tidak mencoba makanan khas Bali yang tertulis di daftar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *