Kuliner Manado Yang Terkenal

kuliner manadoManado adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang menyimpan jutaan pesona, mulai dari alam indahnya sampai kearifan masyarakatnya pun menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Pasti kamu sudah sering mendengar bahwa Manado mempunyai gadis-gadis yang cantik, karena di jaman dahulu warga pribumi di sana dipersunting oleh orang Belanda dan Jepang sehingga banyak yang keturunan sampai hari ini. Namun, Manado juga dikenal bukan hanya dari gadis-gadisnya, kuliner Manado juga terkenal dengan rasanya yang enak. Simak daftar kuliner Manado wajib kamu coba:

1. Tinutuan

Kuliner Mando pertama yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu berlibur ke kota Manado, yaitu Bubur Manado atau Tinutuan. Masakan khas Manado tersebut berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Katanya, bubur ini lebih sehat karena sayurannya. Tinutuan memakai sayuran hijau dan serutan jagung di campur dalam adonan bubur yang terbuat dari beras. Kemudian, makanan ini akan disajikan bersama sambal dan ikan asin.

2. Ikan Cakalang Fufu

Nama ikan yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kamu, sebab ikan ini memang sudah terkenal sebagai makanan khas Minahasa. Biasanya, ikan diolah dengan cara diberi bumbu, kemudian diasap.  Nah, Ikan Cakalang Fufu ini biasanya dihidangkan bersama dengan sambal dabu-dabu yaitu sambal khas Manado dengan pembuatannya bukan diuleg, namun diiris-iris yang terdiri dari cabe merah, cabe hijau, kemangi, tomat, jeruk nipis, garam dan bawang merah.

3. Klappertaart

Klappertaart adalah makanan khusus Manado perlu kamu coba. Masakan ini merupakan warisan bangsa Belanda yang masih ada sampai hari ini. Kue ini menggunakan kelapa muda sebagai bahan dasarnya. Klappertaart akan lebih nikmat dimakan saat keadaan dingin.

4. Gohu

Gohu bisa dikatakan sebagai rujak dari Manado terbuat dari irisan buat pepaya yang sudah direndam dalam air asam cuka, garam, gula, cabe, dan jahe. Rasanya berupa manis, pedas dan asam bercampur jadi satu, maka itu hidangan ini unik namun nikmat.

5. Nasi Jaha

Kalau kuliner Manado satu ini termasuk makanan yang mudah ditemukan di Manado, bahkan hampir semua rumah makanan di sana pasti menyediakan menu kuliner Manado terkenal enak ini. Cara masaknya terbilang cukup unik, yaitu beras dan ketan yang dimasukan ke dalam bambu, kemudian dibakar sampai beras di dalam bambu tersebut matang. Nasi Jaha adalah masakan Manado wajib kamu cicipi bila menyambangi Manado.

Nah, itulah beberapa kuliner Manado yang terkenal dengan warga-warga dan juga kelezatannya. Jika kamu berkunjung ke Manado, jangan lupa mencicipi makanan-makanan yang di list ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *