Ketahui Jenis Tren Bisnis Online Tahun 2018

tren bisnisTahun baru, semangat baru, dan tantangan baru harus siap Anda jalani. Perkembangan teknologi khususnya smartphone membuat bisnis online meningkat. Jika ingin memulai bisnis, Anda bisa memulainya dengan mengetahui tren apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Yuk, ketahui selengkapnya di sini.

1. Jasa Desain Grafis

Bisnis ini cukup mudah bagi Anda yang memiliki passion pada bidang desian. Peluang usaha ini tentu akan sangat popuker dikalangan masyarakat sebab kebutuhan akan mendesain sesuatu akan selalu diperlukan. Online shop merupakan faktor utama jasa ini bisa menjadi tren bisnis yang sudah tidak asing lagi untuk para pengguna media sosial yang membutuhkan konten visual untuk keperluan pemasaran secara online. Beberpa aperusahaan juga sering mencari para desainer pekerja lepas (freelancer) untuk membantu mereka dalam hal visual dalam bentuk foto maupun video.  Projects.co.id dan sribulancer.com adalah contoh marketplace untuk para pencari pekerjaan freelance sehingga akan lebih mudah membantu kedua pihak dalam bisnis ini.

2. Jasa Copywriter

Jenis tren bisnis satu ini juga mulai mengalami peningkatan setiap tahun. Alasan yang bisa diambil adalah banyaknya website dan blog yang dijadikan sebuah salah satu strategi pemasaran sehingga potensi di bidang ini semakin menarilk. Banyak website dan blog yang membutuhkan para penulis artikel yang berkualitas untuk menunjang dan meningkatkan jumlah pengunjung pada website mereka. Seseorang yang memiliki bakat menulis yang baik seperti mengetahui seputar SEO,  menggunakan bahasa yang tepat dan persuasif dalam penulisan artikel akan menjadi nilai tambah bagi Anda. karen tidak lain klien ingin konten yang disebarkan akan optimal pada mesin pencarian dan media sosial.

3. Menjadi Buzzer atau Influencer

Buzzer atau influencer sudah tidak asing lagi bagi penggiat bisnis online saat ini. Seperti artis maupun orang yang berpengaruh di media sosial yang biasa disebut Key Opinion Leader (KOL) dalam mempromosikan produk di Instagram mereka. Tren bisnis ini tentu akan semakin tinggi karena banyaknya produk membutuhkan KOL sebagai bentuk dukungan seperti testimonial agar produk laris di pasaran. Selain Instagram, Anda juga bisa menggunakan Facebook dan Twitter namun memang Instagram yang paling efektif dalam mempengaruhi tingkat keinginan seseorang.

4. Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi Mobile

Di era serba digital ini menjadi sebuah kekurangan bagi seseorang yang tidak mengerti membuat website untuk bisnis mereka. Karena beberapa orang mengerti hal ini maka tren bisnis jasa pada bidang tersebut menjadi sebuah peluang yang menjanjikan. Para pengusaha kecil yang kurang paham dengan pembuatan website atau mereka tidak ingin repot biasanya yang membutuhkan jasa seperti ini. Selain itu sebuah instansi pemerintah dan pemerintah pun membutuhkan orang yang dapat kompeten untuk membuat dan mengelola sebuah website.

Selain website, aplikasi mobile juga sudah cukup populer dalam meningkatkan dan mendukung sebuah produk/brand. Banyaknya produk yang membuat konten iklan pada aplikasi mobile menjadi sebuah penghasilan yang menjanjikan. Aplikasi yang dibuat bisa berbasis Android atau iOS. Para pelaku app developer akan sangat dibutuhkan dan bisa menambah penghasilan dari usaha ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *