Jangan Sembarangan Mengambil Keputusan Untuk Pensiun Dini!

pensiun dini_Sebagian orang mendambakan untuk bisa menikmati pensiun dini. Memang pensiun dini memiliki keuntungan, salah satunya adalah dari sisi finansial karena dengan melakukan pensiun di usia dini maka potensi untuk mendapatkan yang pesangon semakin tinggi. Hal ini juga menguntungkan pihak perusahaan karena perputaran karyawan yang tinggi dapat memudahkan perusahaan untuk mendidik orang-orang baru. Selain itu, dengan melakukan pensiun dapat memudahkan Anda untuk membuka usaha dan lowongan pekerjaan untuk orang lain. Manfaat lainnya adalah baik untuk kesehatan Anda karena waktu untuk tidur dan santai lebih banyak. Namun, semua tindakan memiliki konsekuensinya masing-masing. Sebaiknya Anda cermati beberapa hal berikut untuk menimbang mengambil keputusan pensiun.

1. Menentukan Penghasilan Pengganti

Setelah mengambil pensiun dini, maka penghasilan Anda akan berkurang karena hanya mengandalkan dana pensiun saja. Tetapi karena hidup harus tetap berjalan maka Anda membutuhkan penghasilan pengganti untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun. Anda bisa mencari pekerjaan lain yang lebih ringan. Jangan melihat nominal gaji atau melihat posisi pekerjaan yang penting Anda bahagia di masa pensiun yang Anda ambil. Atau jika tidak ingin repot bekerja bisa memulai sebuah bisnis. Bisa bisnis apapun, seperti bisnis online atau bisnis sampingan yang tak memerlukan banyak tenaga.

2. Merencanakan Keuangan dengan Jelas

Banyak perusahaan menawarkan program pensiun dini berupa jabat tangan emas atau golden shakehand. Program ini ditawarkan secara terbuka dan memberikan nominal uang pesangon yang diberikan yang disesuaikan dengan jabatan dan masa kerja karyawan. Namun, banyak karyawan yang tidak tahu mau diapakan uang pesangon itu dan bagaimana cara mengelolanya. Karenanya, sebelum mengambil pensiun ada baiknnya sudah memikirkan matang-matang tentang cara mengelola dana pensangon sebagai bentuk perencanaan keuangan.

3. Mengelola Uang Pensiun

Mulailah belajar cara mengelola dana pensiun yang benar karena Anda tak ingin uangnya habis percuma begitu saja bukan? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengumpulkan dana cadangan. Ini penting! Karena kita tidak tahu kapan finansial kita akan merosok dan membutuhkan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedua, lunasi segera semua utang yang Anda punya. Anda tak mau punya utang dengan bunga yang tinggi bukan? Ketiga, berinvestasi! Karena Anda tidak selalu bisa mengandalkan dana pesangon saja.

4. Bayar Utang Sesegera Mungkin!

Jangan melupakan utang yang Anda punya dan jangan mengandalkan uang dari dana pensiunan saja. Sudah menjadi kewajiban Anda untuk melunasi utang-utang tersebut. Usahakan membayar semuanya sebelum mengambil pensiun dini. Anda tak mau masa-masa pensiun dini Anda dibayang-bayangi oleh utang bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *