Faktor Keberhasilan Seorang Wirausaha

faktor keberhasilanMenjadi sukses adalah impian semua orang terutama para wirausaha yang baru menginjakkan kakinya. Langkah utama paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah menjadi diri sendiri dengan segala upaya yang dilakukan. Tidak semua upaya bisa membantu Anda tetapi setidaknya akan sangat membantu memperbaiki kualitas diri Anda untuk berhasil. Lalu, apa saja kira-kira faktor keberhasilan tersebut? Lihat selangkapnya di sini.

1. Faktor Peluang dan Perencanaan

Faktor keberhasilan yang bisa Anda coba bangun yaitu melihat peluang yang ada. Perpaduan antara keselarasan dan keharmonisan antara karakter pengusaha, bisnis, pasar, kondisi serta perilaku pasar akan menciptakan peluang yang baik. Jika Anda yakin melangkah pada satu peluang tersebut maka lanjut tahap perencanaan. Anda harus bisa merencanakan apa visi, misi, strategi jangka panjang dan pendek, rencana produk, program pemasaran, perencanaan informasi dan pendistribusian hingga jumlah produk yang akan di pasarkan.

2. Faktor Finansial dan Administrasi

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu harus memiliki keuangan atau modal yang sesuai. Faktor finansial dapat berupa pengendalian anggaran dan biaya, pencairan dana modal kerja, penetapan harga produk, perincian biaya, rasio keuangan dan laba ruginya. Sedangkan untuk administrasi yang harus Anda perhatikan yaitu beberapa tugas seperti pencatatan, perencanaan, pengumpulan serta pengelompokkan data administrasi, program usaha, dokumentasi dan sebagainya. Untuk meminimalisir resiko terjadinya kendala dan kegagalan pada usaha Anda maka pastikan memiliki administrasi yang kuat.

3. Faktor Pengelolaan dan Penjualan

Faktor keberhasilan dalam pengelolaan dan penjualan juga sangat penting. Untuk mengelola usaha yang bisa dilakukan seperti menyusun organisasi, perhatikan sumber daya manusia, menjaga dan kelola aset, tentukan jadwal usaha dan kegiatan, menentukan jumlah tenaga kerja, menagtur dan mengendalikan pendistribusian maupun persediaan barang. Untuk faktor penjualan yang baik akan sangat membantu keberhasilan usaha Anda. Faktor tersebut berpengaruh pada keuangan, produksi, pembelian, logistik, pendistribusian dan personalia.

4. Faktor Organisasi dan Kerjasama

Faktor organisasi dan kerjasama akan membantu seorang wirausaha jika memiliki organisasi yang dinamis, kreatif, inovatif, dan komunikasi yang baik antara atasan dengan karyawan. Pentingnya memberikan deskripsi pekerjaan dan sistem pertanggung jawaban yang jelas. Agar karyawan mudah dalam memahami tugasnya dan adanya keteraturan kerja. Untuk menciptakan hubungan baik selain menjaga kerjasama internal sebaiknya juga bisa melakukan koneksi dengan orang lain agar usaha yang dibangun semakin dikenal banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *