Cara Menjaga Keuangan Keluarga Tetap Stabil

menjaga keuanganTidak dapat dipungkiri, masih banyak orang yang memiliki masalah biaya pengeluaran yang terlalu besar. Banyak pula diantara Anda tidak mengetahui cara tepat menjaga keuangan dengan baik. Jika dibiarkan, maka pengeluaran Anda akan tidak terkendali dan menyebabkan gaji cepat habis padahal belum masuk pertengahan bulan. Jangan sampai Anda harus selalu terus meminjam uang teman hingga keluarga, justru akan semakin menambah utang.

Jangan menyalahkan keadaan gaji Anda yang kecil, tetapi bagaimana Anda bisa menyesuaikan pemasukan dengan pengeluaran. Setelah berhasil melakukannya, Anda dengan mudah bisa mengontrol keuangan dengan baik dan bisa menabung dengan lebih banyak. Coba perhatikan proses budget untuk menghindari keadaan rumit yang menyebabkan uang Anda cepat habis. Berikut cara yang bisa Anda coba.

1. Budgeting

Mulailah dari data-data keuangan pribadi Anda, mulai dari gaji, tabungan, pengeluaran rutin dan dana mendadak yang sudah Anda persiapkan. Untuk meyakinkan nominal uang yang sudah digunakan bisa dengan mengumpulkan bon belanja atau bukti transaksi yang telah terpakai selama sebulan hingga dua bulan terakhir. Akan terlihat mana pengeluaran Anda dari mulai tingkat yang paling dibutuhkan, primer, sekunder dan tersier. Dari hal ini akan terlihat tipe apakah diri Anda dalam menghabiskan uang.

2. Membayar Tagihan Rutin

Teknik penting yang bisa Anda lakukan yaitu daftarkan diri Anda pada layanan debit otomatis di bank. Agar mempermudah mengelola gaji Anda untuk keperluan yang paling dibutuhkan. Biasanya tagihan rutin yang terpakai adalah air, listrik, telepon, sampai asuransi dan semua itu akan terbayar secara langsung melalui gaji Anda. Coba pisahkan pengeluaran rutin Anda seperti ongkos, biaya bensin pada amplop atau tempat tertentu. Maka akan ada sedikit pemasukan yang bisa digunakan sebagai dana tak terduga.

3. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang bisa menjadi sebuah masalah besar jika digunakan tanpa batasan yang sesuai. Terbukti penggunaan kredit menjadi faktor utama yang menggangu rencana budgeting yang sudah Anda buat sebelumnya. Promo, diskon dan kemudahan lainnya yang membuat pikiran terganggu untuk menggunakan pembayaran melalui cara ini. Anda boleh memilikinya tetapi jika tidak sangat terdesak tinggalkan saja kartu Anda dir rumah atau mobil agar keinginan menggesek berkurang dan rencana menjaga keuangan akan berhasil.

4. Pemangkasan

Teknik pemangkasan ini bertujan mengurangi pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan dan menjaga keuangan menjadi lebih stabil. Seperti tidak usah menggunakan TV kabel, kurangi kebiasaan makan di tempat mewah. Dengan memangkas dana yang tidak terlalu dibutuhkan tersebut akan memberikan Anda uang lebih untuk membayar tagihan dan bahkan menabung dengan jumlah yang cukup besar.

5. Menyisihkan Uang

Jika suatu saat Anda tiba-tiba mendapatkan pemasukan tambahan, segera sisihkan atau masukkan ke dalam anggaran keperluan lainnya. Dengan penyisihan uang ini Anda akan mendapatkan dana baru untuk hal-hal yang tidak ada di rencana Anda sebelumnya. Sebagai contoh jika sebulan Anda menghabiskan uang cukup besar untuk makanan, berikan tambahan dana agar ketika uang tersebut tidak digunakan bisa dialokasikan untuk keperluan yang mendesak. Tentu tidak akan mengganggu pengeluaran awal Anda karena sudah dipersiapkan dengan baik sehingga menjaga keuangan akan terasa lebih mudah dengan cara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *