Camilan Khas Aceh yang Wajib Kamu Coba

Camilan Khas AcehJika kamu berwisata ke Aceh, kamu patut membawa pulang oleh-oleh dari sana. Mendengar kata kuliner dari Aceh, mungkin yang kamu pikiran adalah Mie Aceh atau Teh Tarik. Namun, kota tersebut memiliki camilan khas Aceh yang lezat dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat kamu. Masih bingung, makanan khas wilayah Aceh apa yang kamu wajib bawa pulang? Yuk, simak camilan-camilan yang kamu patut coba saat berkunjung ke Aceh:

1. Bhoi

Kue Bhoi adalah semacam kue Bolu yang tradisional dari Aceh. Teksturnya kering di luar, namun di bagian dalamnya sangat lembut. Citarasa Bhoi ini manis dan sering dijadikan teman minum kopi hangat, dan juga bisa dicelupkan ke dalamnya. Kue Bhoi memiliki bentuk yang menarik seperti bentuk ikan, bunga, bintang, bantang dan loyang. Tidak hanya itu saja, snack Aceh ini bisa bertahan berbulan-bulan, dan tidak memakai pengawet. Kamu bisa mendapatkan kue bolu Aceh ini di pasar-pasar tradisional atau toko khusus yang menjual oleh-oleh Aceh dengan harga sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per kemasan. Sudah ada outlet khusus yang menjual kue dari Aceh seperti di daerah Lampisang, Aceh Besar. Jadi buat kamu yang ingin membeli kue-kuenya, tidak perlu sulit mencari karena makanan ini sudah banyak yang menjualnya.

2. Timphan

Timphan merpakan makanan yang lunak dibalut dengan daun pisang muda dan memiliki berbagai rasa seperti rasa durian, kelapa, ubi ungu dan sri kaya. Namun, Timphan yang paling terkenal adalah rasa srikaya. Sebenarnya, camilan khusus Aceh tersebut lebih sering dijadikan camilan yang cocok juga untuk menjadi teman minum kopi. Biasanya sering dihidangkan jika ada acara besar seperti lebaran, arisan, hajatan, wirid dan acara semacamnya. Selain itu Timphan ini juga bisa ditemukan di warung kopi yang berada di Aceh. Untuk snack ini bisa disimpan selama kurang lebih seminggu.

3. Adee

Kue Adee ini juga sering disebut sebagai kue bingkangnya Aceh karena mempunyai tekstur yang mirip. Uniknya, bahan dasar pembuatan Adee ini menggunakan telur bebek dan dicampur dengan santan serta bahan-bahan lain yang sedemikian rupa menjadikan kue ini lezat dan lembut.  Camilan khas Aceh tersebut sering dijadikan penganan saat sedang santai bersama teman atau keluarga. Rasanya yang manis dipadu dengan aroma bawang goreng pasti akan membuat kamu ingin mencicipinya. Harganya juga tidak terlalu mahal, dengan mengeluarkan Rp 17.000 kamu sudah dapat menikmati kue Adee yang berukuran kecil.

4. Keukarah

Camilan khas Aceh “Keukarah” juga bisa disebut naa Kue Karah. Keukarah ini merupakan salah satu penganan yang populer di kalangan masyarakat Aceh. Bahan dasarnya berasal dari tepung beras, bentuknya terlihat agak tidak beraturan membuat makanan ini menyerupai bongkahan bihun kering. Rasanya renyah, manis, garing dan rapuh dan sangat cocok dijadikan camilan untuk menemani waktu santai kamu dan bisa membuat kamu ketagihan. Keukarah juga cocok untuk disajikan pada acara-acara adat dan tradisional di Aceh. Kamu bisa menemukan camilan ini di tempat jajanan oleh-oleh Aceh, dan bisa disimpan hingga satu bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *