Bumbu Dasar Untuk Membuat Masakan Indonesia

Ketika Anda ingin menciptakan masakan yang lezat, tentu saja memerlukan beragam bumbu yang berfungsi sebagai penyedap masakan. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa membuat masakan satu dengan yang lainnya pun memiliki perbedaan dalam bumbu masakan yang dibutuhkan. Dari sekian banyak bumbu-bumbu yang biasa digunakan untuk memasak makanan Indonesia, berikut beberapa bumbu dasar yang wajib Anda ketahui. Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Bumbu Putih

Dinamakan bumbu putih karena memang warna bumbu dasar ini adalah putih. Bumbu ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri yang dihaluskan bersama. Percampuran semua bahan ini biasanya digunakan menjadi bumbu masakan opor, sayur lodeh, dan masakan lainnya. Tetapi, jangan lupa untuk menambahkan beberapa komponen lain yang dibutuhkan seperti garam, gula, dan penyedap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bumbu Kuning

Dari warnanya saja, Anda mungkin sudah bisa menebak fungsi dari bumbu bewarna kuning ini. Bumbu dasar yang terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan juga kunyit sebagai bahan terakhir. Komposisi bahan ini memang hampir sama dengan bumbu putih. Bedanya, bumbu kuning ini digunakan untuk membuat masakan seperti ayam goreng, soto, pepes, gulai, dan masakan lainnya.

Bumbu Merah

Bumbu merah terdiri dari campuran cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan bersama. Dari warnanya saja, Anda sudah bisa merasakan rasa pedas pada masakan yang menggunakan bumbu dasar ini. Rasanya yang pedas membuat bumbu ini cocok dijadikan sebagai bumbu masakan balado, sambal goreng, sayur asam, dan masakan lain yang membutuhkan citarasa pedas.

Demikianlah tiga jenis bumbu dasar yang biasa digunakan untuk memasak makanan Indonesia. Untuk memperoleh bumbu ini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Kemudian haluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender atau bisa Anda lakukan manual dengan cara diuleg. Atau Anda bisa membeli bumbu yang telah jadi di pasar. Anda tinggal bilang kepada pembelinya untuk meracik bumbu yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *