Begini Cara Mengelola Uang Dengan Bijak

mengelola keuanganBanyak orang yang sudah memiliki gaji tetapi kurang mengerti cara mengatur keuangannya sendiri. Akibatnya dana uang yang didapatkan terbuang begitu saja padahal banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Sangat penting untuk tahu cara yang benar soal mengatur keuangan karena akan berpengaruh di masa tua nanti, agar membuat diri kita sendiri tidak repot memikirkan dana hari tua. Di bawah ini ada beberapa cara bijak dalam mengelola keuangan yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Sisihkan beberapa persen dari penghasilan Anda

Mengelola keuangan bisa dalam bentuk investasi, salah satunya dengan menyisihkan perngahasilan per bulannya. Bisa dalam bentuk deposito, tabungan, emas, dan saham. Sebelum membelanjakan uang Anda untuk kebutuhan sehari-hari ada baiknya terlebih Anda menyimpan beberapa persen dari gaji. Ini adalah salah satu trik untuk menekan pemborosan diawal bulan dan agar Anda lebih disiplin dan lebih mengerti tentang kebijakan menggunakan uang.

2. Jangan lupa sisihkan dana cadangan untuk hal tak terduga

Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup yang Anda jalani. Mungkin bisa saja Anda terkena sakit mendadak, kecelakaan atau hal buruk lain yang bakal menimpa Anda. Maka dari itu, menyisihkan dana cadangan adalah cara mengelola keuangan yang tepat untuk masa depan yang baik. Tidak semua orang mau membantu dan tidak semuanya peduli apa yang terjadi dengan Anda.

3. Rutin melakukan evaluasi terhadap pengeluaran dana bulanan

Meninjau setiap dana yang dikeluarkan setiap bulannya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Berapa yang sudah dibelanjakan, uang yang diinvestasikan, dan pengeluaran dadakan. Bila suatu waktu ada anggaran tak terduga maka Anda harus menilitinya dan menyimpulkan kenapa harus mengeluarkan dana tersebut. Setelah itu, perkirakan langkah-langkah untuk memperbaiki pengeluaran tak terduga itu pada bulan berikutnya gara saat Anda mengelola keuangan tidak lagi terjadi hal yang sama.

4. Berhati-hati saat membelanjakan uang

Saat berbelanja terkadang kita ingin membeli semua yang ada dan tanpa sadar uang yang kita miliki semakin berkurang. Buanglah kebiasaan buruk ini, jangan sampai Anda tergoda dengan diskon yang ditawarkan atau dengan menu dan makanan baru yang ingin cicipi. Usahakan hidup dengan sederhana dengan mengelola keuangan secara bijak dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *