Food Lover Wajib Coba 4 Kuliner Unik Ini!

kuliner unikNgomongin soal makanan emang selalu bikin ngiler ya! Sajian makanan dari berbagai daerah atau negara berbeda selalu menarik perhatian untuj dicoba. Apalagi ni, buat kamu-kamu yang suka banget jalan-jalan ke berbagai daerah dan juga negara. Jangan sampai kamu ngelewatin makanan-makanannya. Kamu wajib banget nyobain kuliner unik yang ditawarkan disepanjang jalan. Ada rekomendasi kuliner unik nih bagi kamu yang penasaran dan belum pernah nyoba. Liat di bawah ini, yuk!

Ramen Burger

Hah? Jadinya buger apa ramen si? Tenang. Ini adalah kuliner unik perpaduan antara burger dan juga ramen. Hidangan ini pas buat kamu yang bingung mau makan burger atau ramen. Jika biasanya burger diapit oleh roti nah, yang ini diapit oleh mie dari ramennya. Untuk isinya ada daging burger, saus shoyu, mie ramen sun noodle, daun urugula, dan daun bawang.

Sosis Kue Gulung

Daging yang dipanggang memang selalu menggoda tapi yang satu ini berbeda. Cobain deh Sosis kue gulung, sosis ini digulung dengan menggunakan adonan roti yang dilipatkan keseluruh bagian sosis kecuali bagian atas dan akan membentuk seolah-olah sosisnya sedang diselimuti. Untuk membuat adonannya rapat digunakan putih telur lalu terakhir digoreng dan langsung bisa dicicipi. Kuliner unik satu ini wajib kamu coba!

Pisang Lapis Coklat

Hmmm, sekilas emang ga ada yang spesial dan udah terlalu biasa banget sama pisang coklat. Eitt, tapi yang satu ini beda lho! Pisang yang sudah dibekukan lalu dilapisi oleh coklat yang cair ditambah dengan berbagai macam topping. Bisa juga menggunakan selain coklat, bisa strawberry atau mint. Tapi selain pisang, banyak juga yang menjualnya dengan apel sebagai pengganti.Worth it banget buat yang mau coba-coba kuliner unik!

Keripik Kering dari Buah-buahan

Siapa yang suka cemilan? Ingin ngemil tapi yang sehat? Cobain kuliner unik keripik yang terbuat dari buah-buahan deh. Keripik umumnya terbuat dari umbi-umbian dan semacamnya namun keripik ini terbuat dari buah-buahan seperti apel, pisang, nanas, dan sebagainya. Rasanya juga bermacam-macam, bisa manis dan asin tergantung buah apa yang dijadikan keripik.

Makanan Ringan Asli Indonesia yang Cocok Dijadiin Cemilan

makanan ringanMakanan ringan memang sering jadi pilihan saat kita bosen, nonton tv, atau pas lagi ngerjain tugas. Ngemil makanan-makanan kecil bakal nge-boost mood kita. Nah, ada banyak banget pilihan makanan yang bisa kita coba. Biasanya kita akan membeli chiki atau coklat di supermaket terdekat. Sebenarnya ada banyak jajanan asli khas Indonesia yang cocok banget dijadiin cemilan sehari-hari, Ada yang bisa dibuat di rumah juga lho! Lihat Di bawah sini yuk!

Basreng

Basreng atau singkatan dari bakso digoreng adalah makanan ringan khas sunda dan jadi favorit orang-orang sunda banget nih. Cemilan ini bisa kalian buat di rumah lho, caranya? Gampang banget kok. Kalian bisa beli bakso yang sudah jadi di pasar, iris-iris menjadi potongan kecil dan goreng. Bisa digoreng sampai agak keras atau setengah keras juga bisa, sesuai selera saja kok. Untuk bumbunya cukup kamu gunakan bumbu bubuk pedas yang gampang ditemui di pasar. Kalau kalian ga mau ribet bisa beli saja kok di warung-warung terdekat dengan harga setidaknya Rp2000 untuk satu bungkus.

Makaroni

Makanan ringan ini emang lagi happening banget lho. Sebenarnya makaroni udah ada dari dulu banget tapi makaroni sekarang lebih bervariasi, seperti ada makaroni ngehe. makaroni  mandor, dan makaroni huhhah yang rasanya tuh pedes-pedes banget. Makaroni ini aslinya adalah pasta yang berasal dari Italia. Namun. kebanyakan orang Indonesia menjadikannya cemilan dengan dicampur bumbu khas dari Indonesia.

Mi Lidi

Kalau ngomongin makanan ringan yang satu ini jadi ingat masa kecil deh. Dulu waktu SD sering banget jajan ini. Mi lidi ini terbuat dari tepung yang dieringkan dan dicampur bumbu-bumbu dengan rasa pedas, asin, atau bisa juga rasanya dicampur. Kalau mau beli lidi-lidian ini satu bungkus kecilnya hanya seharga Rp3000 saja tapi bisa juga bisa kok bikin sendiri di rumah karena lebih hemat dan higienis.

Keripik Singkong

Wahh, Makanan ringan ini adalah makanan nasional seluruh rakyat Indonesia ya. Semua orang pasti suka sama. Kalau sekarang, keripik ini dibuat dengan berbagai macam rasa seperti asin, manis, keju, dan pedas. Cara buatnya juga gampang, kupas dan cuci bersih singkong lalu potong kecil-kecil dan goreng hingga kering. Sebetulnya hanya digoreng saja sudah cukup dan sudah bisa dimakan tapi akan terasa lebih nikmat rasanya bila dengan bumbu perasa.

Inilah Makanan Indonesia yang Mendunia

makanan indonesiaKita harus bersyukur Indonesia diberikan bermacam keragaman yang unik dan khas. Begitupun dengan makanannya. Ada begitu banyak makanan Indonesia dari berbagai daerah yang khas dan kayak akan rasa. Ternyata bukan hanya di Indonesia saja lho makanan-makanan ini populer. Ada beberapa makanan yang mendunia dan sangat diminati oleh turis-turis asing yang mampir melancong ke Indonesia. Apa saja makanan Indonesia tersebut? Intip yuk di bawah!

Rendang

Nomor satu ada rendang sebagai juarannya. Rendang adalah makanan khas suku minang yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Rasa dari rendang sendiri sangat kayak akan rempah-rempah dan rasa pedasnya cocok memang dengan lidah orang Indonesia dan pas juga untuk orang-orang luar yang ingin mencoba makanan Indonesia ini. Rendang sangat populer karena cita rasanya yang tepat bagi banyak orang. Rendang cocok disajikan dengan nasi padang atau nasi biasa. Biasanya rendang disajikan juga ada saat acara-acara besar seperti Idul fitri atau idul adha.

Nasi Goreng

Selanjutnya ada nasi goreng pada urutan kedua. Makanan Indonesia ini juga begitu populer bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Rasanya gurih dan bisa juga pedas, tergantung si pembuat. Membuat makanan ini tidaklah rumit, malah sangat mudah dan biasa dijadikan sarapan karena proses buatnya yang cepat. Walau rasanya sangat enak tapi bumbum yang digunakan tidak banyak lho. Bahan utamanya adalah nasi yang digoreng dan dicampur dengan kecap, garam, bawang merah dan putih yang ditumis terlebih dahulu, dan biasa disajikan dengan telur, ayam, atau bisa juga dengan udang. Sebenernya, resepnya bisa berbeda-beda tergantung orang yang membuatnya tetapi rasanya tak kalah enak.

Sate

Makanan Indonesia satu ini asalnya dari Madura, sate adalah daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk-tusukan kedalam tusukan yang biasanya terbuat dari kayu. Daging yang digunakan juga beragam, ada daging ayam, sapi, kambing, dan kelinci. Sate Indonesia umumnya menggunakan saus kacang atau saus kecap, tentunya berbeda-beda setiap daerah. Banyak orang luar yang menyukai sate juga karena rasanya nikmat dan gurih.

Deretan Populer Makanan Khas Daerah Di Indonesia

makanan khasIndonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman. Termasuk juga dengan masakan unik yang beragam dan bermacam-macam cita rasa. Bagi yang emang suka banget sama makanan dan juga suka travel ke berbagai daerah jangan sampai melewatkan makanan daerah yang kalian kunjungi. Tapi kalau kamu belum banyak mencicipi makanan khas dan ada niatan berkunjung ke beberapa daerah mending intip dulu nih makanan khas apa aja yang bisa dicoba

Pempek Asli Palembang

Makanan khas Palembang ini emang juara banget. Udah banyak banget yang jual di seluruh Indonesia tapi yang rasa asli original ya memang yang dari Palembang. Sebenernya ada banget macam-macam dari pempek ini tapi yang paling terkenal adalah pempek lenjer dan kapal selam. Kalau pempek kapal selam berisikan telur sedangkan pempek lenjer adalah pempek yang paling orgininal artinya ga ada isinya dan bentuknya juga seperti bantal guling. Pempek paling mantap jika disajikan dengan kuahnya yang disebut cuko.

Mie Bangka

Makanan khas daerah Bangka, Sumatra ini juga ga kalah populer. Mie bangka ini terbuat dari mie kuning yang biasanya dicampur bersama kuah panas. Kuahnya sendiri dibuat dari campuran dari ikan, ayam, cumi-cumi atau kepiting yang disaring menjadi kaldu. Biasanya juga dicampur dengan sawi yang sudah direbus dan toge. Disajikan dengan bakso dan pangsit ditambah dengan sambal yang pedas akan membuat makanan ini terasa lebih nikmat.

Mie Aceh

Mie aceh adalah makanan khas Aceh yang rasanya pedes dan gurih. Mie ini terbuat dari bahan dasar utama yaitu mie kuning dicampur dengan irisan daging kambing, daging sapi, atau makanan laut seperti udang dan cumi dan disajikan mirip seperti kuah kari yang gurih dan pedas. Mienya sendiri terdiri dari dua jenis, ada mie goreng dan mie yang berkuah dan biasa dicampur dengan bawang goreng, bawang daun, mentimun dan jeruk nipis.

Rendang

Makanan khas Padang ini sih memang nomor satu, bahkan situs berita CNN mengatakan kalau rendang adalah makanan paling enak di dunia. Wahh, keren kan makanan Indonesia bisa mendunia. Rendang adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan santan dan banyak rempah-rempah. Makanya, rasa dari rendan ini strong banget dan pedes.

4 Negara dengan Makanan Tradisional yang Mendunia

makanan tradisionalMakanan? Apa yang kalian pikirkan tentang kata tersebut? Pasti ada banyak banget yang terlintas dipikiran kalian kan. Ada begitu banyak jenis makanan yang berbeda-beda dengan ciri khas daerah atau negara masing-masing. Karena ini soal makanan, emang selalu bikin penasaran sih. Kalau di Indonesia makanan tradisional yang mendunia ada rendang dan nasi goreng. Kalau negara lain ada apa ya? Cek di bawah yuk!

Kimchi

Nah, siapa yang ga tau kimchi? Makanan tradisional dari Korea ini udah terkenal hampir ke seluruh dunia, ini berkat Korea Hallayu. Hayo, siapa pecinta korea? Kimchi adalah fermentasi asinan yang terbuat dari sawi putih, lobak, wortel yang dicampur dengan bubuk cabai, jahe, kecap ikan, bawang putih, bawang daun, jahe, gula, dan garam. Rasanya pedes-pedes asin gitu. Pokoknya seger  Ada banyak makanan yang bisa dibuat dengan menggunakan kimchi sebagai campuran. Orang korea sendiri ga bisa lepas sama makanan ini, apapun makanannya harus banget dicampur kimchi dan sudah menjadi makanan nasional di korea.

Sushi

Yang satu ini sih emang udah terkenal banget kemana-mana. Hampir di berbagai belahan negara ada yang jual makanan tradisional asal Jepang ini. Nasi pulen yang dipadukan dengan slice ikan (biasanya salmon atau tuna) bisa juga dengan telur, gurita, telur ikan salmon, dan lain-lain. Paling enak makan sushi kalau dicampur dengan kecap asin dan wasabi. Ga ada bisa ngalahin rasanya deh.

Pizza

Makanan tradisional khas Italia yang banyak banget penggemarnya ini emang selalu jadi pilihan dibanyak acara. Di Indonesia sendiri popularitas pizza udah ga usah ditanya lagi. Kalau resep asli dari negara aslinnya, yaitu Italia itu ga ribet dan macem-macem kayak sekarang. Namun, seiring berjalannya waktu banyak topping yang disajikan di atas pizza. Sekarang pizza disajikan dengan berbagai macam topping seperti sosis, pork, keju, dll.

Kari

Kari adalah makanan yang berasal dari India ini memang terkenal banget. Rasa dari kari ini kaya banget akan rempah-rempahnya dan membuat rasanya menjadi strong dan pedes banget. Cocok buat kalian semua yang suka makanan gurih. Kari ini cocok banget dimakan bareng nasi dan roti.

3 Tempat Makan Berkonsep Unik yang Boleh Banget Dicoba!

tempat makanNgomongin soal makanan pasti emang ga bakal ada habisnya. Ada aja destinasi tempat makan yang harus banget dicobain. Karena makanan adalah hal yang wajib dan pokok banget buat manusia, industri kuliner ga bakal pernah ada matinya. Banyak banget pengusaha-pengusaha yang selalu berusaha untuk berifikir kreatif dan berinovasi dalam bidang ini. Makanan boleh sama tapi rasa harus beda dari yang lain. Begitupun dengan tempat makan ditawarkan dengan konsep yang berbeda.. Orang bakal bosen kalo tempat makannya gitu-gitu aja dan kurang nyaman buat makan-makan. Makannya, sekarang tuh banyak banget restoran dengan konsep-konsep unik. Konsep apa aja si yang ditawarkan? Yuk, intip di bawah ini!

Hello Kitty Cafe

Bagi kalian pecinta kartun Hello Kitty harus banget dateng ke cafe yang satu ini. Dekorasi tempat makan ini lucu banget deh. Hampir semuanya serba merah muda dan ada banyak banget patung-patung kucing lucu dari Jepang ini dengan ukuran besar. Dari mulai kursi, meja, lampu, hiasan dinding semuanya serba imut. Makanannya juga gak kalah imutnya, ada sandwich, burgers, pizza dan makanan lainnya yang disajikan dengan gemasnya.

Nanny’s Pavillion

Kalau tempat makan yang ini setiap cabangnya mempunyai konsep yang berbeda lho tapi tetap bergaya ala-ala rumah di Amerika gitu. Ada konsep perpustakaan, lumbung, ruang musik, sampai kamar tidur juga ada lho. restoran Nanny’s Pavillion ini punya slogan, “you’re here. You’re family”. Jadi, ga heran tempatnya nyaman banget serasa makan di rumah. Karena restoran ini berasal Amerika makanan yang disajikan seperti Auntie’s Sausage Baked Rice, Nanny’s Chicken Salad, Kimberly’s Green Sausage Pasta, dan semua makanan rumah ala Amerika.

Bong Kopitown Jakarta

Kata siapa penjara itu menakutkan? Penjara yang satu ini bikin asik nongkrong lama-lama. Apalagi makanannya juga enak-enak. Tempat makan Bong Kopitown menawarkan konsep penjara bagi para pengujungnya. Kita bisa makan di dalam jeruji besi lho dengan pelayan yang berpakaian seperti sipir juga. Penyajiannya makanannya juga mirip seperti di penjara dengan menggunakan plate. Berbagai makanan tradisional dan peranakan bisa dipesan di sini. Ada Chicken Nasi Lemak, Singapore Fried Beehoon, Ubud Crispy Duck dan juga Nasi Uduk. Bagi kalian yang ingin merasakan nuansa retoran berbeda dari lainnya boleh nih ke sini.

Dari tempat makan di atas mana nih yang paling banget kalian ingin kunjungi? Kalian juga bisa makanan unik di artikel ini .Restoran yang nyaman dan makanan enak bakal bikin betah banget dan selalu ingin berkunjung lagi.

4 Jajanan Unik yang Ada Di Seluruh Penjuru Dunia

jajanan unikNgomongin jajanan emang ga ada abisnya ya! Di Indonesia sendiri banyak banget jajanan dari kaki lima hingga jajanan yang masuk mall. Semuanya memiliki cita rasa sendiri lho karena pelaku usaha terus berinovasi. Ga cuman Indonesia aja yang cuman punya berbagai macam jajanan unik tapi di seluruh penjuru dunia juga punya. Apalagi buat kalian yang suka banget travel ke luar negeri. Coba deh cicipi jajanan unik khas negara yang dituju. Tapi bagi yang belum sempet pergi dan nyicip jajanannya, nih cek di bawah jajanan apa aja yang bisa kalian coba kalau ke luar negeri.

Bhel Puri dari India

Kamu pecinta Bollywood? Suka sama jajanannya juga? Cobain Bhel Puri deh. Jajajan ini biasa juga disebut chaat kalau di India dan paling tepat makan ini di Mumbai karena rasanya yang paling orginal. Jajanannya terbuatdari beras, sev atau semacam mie, sayuran dan rempah-rempah. Rasanya? Beuh, jangan ditanya lagi. Makanan India emang kaya banget akan rempah-rempah yang ga bakal buat lidah kecewa.

Ceviche dari Peru

Jajanan unik satu ini terbuat dari ikan mentah yang dicampur dengan air lemon, potongan bawang, cabe, garam, dan lada. Ceviche harus segera dimakan karena untuk menjaga kesegarannya untuk tetap enak. Bagi kalian yang udah terbiasa makan sashimi dari Jepang dan ingin coba yang lain boleh nih coba yang satu ini. Di Peru sendiri Ceviche adalah makanan nasional yang wajib banget ada disetiap acara.

Halo Halo dari Filipina

Kalau bahasa Indonesianya si “campur-campur” tapi yang satu ini beda lho dengan es campur. Jajanan unik khas Filipina ini merupakan makanan penutup yang wajib banget dicoba kalo menyambangi negara ini. Komposisinya hanya terbuat dari es serut yang dicampur dengan susu kental tapi bisa juga dicampur dengan bahan lainnya seperti agar-agar, kacang merah, dan kelapa.

Supli dari Romania

Kalau kamu lagi berkunjung ke Romania jangan lupa untuk cicipi jajanan uniknya, yaitu supli. Sekilas supli ini mirip dengan combro yang beda adalah ada keju mozarella di dalamnya yang akan mencuat jika digigit. Jajanan unik ini resepnya ga pernah berubah dari dulu, yaitu beras dan ragu.

Selain jajanan di atas kalian juga bisa intip makanan unik yang patut dicoba. Emang deh, kalau soal makanan ga pernah salah.

Tips Mengelola Keuangan Pribadi dengan Mudah

tips mengelola keuanganMemiliki penghasilan yang bisa dikatakan cukup besar tidak akan membuat Anda merasa cukup dalam memenuhi kebutuhan jika belum memuaskan. Jika tidak pintar dalam mengatur keuangan tersebut maka malah berdampak pada utang yang menumpuk. Simak tips mengelola keuangan Anda dengan mudah.

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Tentu setiap individu memiliki mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan. Sebagian orang berusaha menyisihkan uang untuk memiliki kendaraan, rumah atau bahkan jalan-jalan keliling dunia. Dengan tujuan tersebut biasanya ambisi untuk mengumpulkan uang cukup besar. Maka tetapkan tujuan Anda menabung agar selalu memotivasi diri sendiri dalam mewujudkannya.

2. Buat Rencana Pengeluaran

Tips mengelola keuangan selanjutnya yaitu buatlah sebuah perencaan yang baik. Kebiasaan orang menghabiskan pemasukan mereka biasanya untuk makanan, kebutuhan rumah dan transportasi. Selain itu bisa juga untuk membayar utang, tabungan, biaya rumah tangga hingga hiburan. Buatlah anggaran tahunan dan alokasikan dana tujuan belanja sesuai pos masing-masing.

3. Tahan Diri Terhadap Tawaran Promo

Bisa menahan diri terhadap godaan diskon pada setiap toko adalah sebuah kehebatan yang harus dibanggakan. Teknik promosi yang dilakukan pada tiap barang bisa sangat menarik konsumen. Maka perlu untuk Anda menjadi konsumen yang bijak dalam menggunakan pengeluaran. Hal paling sederhana adalah mengatakan tidak untuk diri sendiri dan barang promo yang ditawarkan.

4. Lacak Pengeluaran Pribadi

Dengan melacak pengeluaran pribadi selama setidaknya dua minggu akan menyaring pengeluaran yang tidak perlu seperti biaya nongkrong di restoran.

5. Mencari Produk Serupa yang Menawarkan Harga Lebih Murah

Jika sedang membutuhkan barang Anda harus pintar dalam mencarinya. Harga pada sebuah toko bisa jauh berbeda dengan harga asli yang ditawarkan. Coba cek beberapa toko yang menjual barang sama, biasanya akan memberikan harga berbeda. Tidak perlu ragu membeli pada toko yang menjual barang lebih murah.

6. Lakukan Riset Online Sebelum Mengunjungi Toko

Melakukan riset sebelum berkunjung ke toko juga bagian dari hal penting pada tips mengelola keuangan ini. Banyaknya situs yang menyediakan komentar berupa review tempat hingga produk untuk mendapatkan informasi. Selain tidak perlu jauh-jauh ke toko, biasanya situs belanja online memberikan promo pengiriman gratis. Lihat pada toko online terpercaya sebelum Anda memutuskan untuk membeli offline ke tokonya.

7. Mulai Bisnis Sendiri

Tidak ada yang lebih membantu diri sendiri dalam hal keuangan ketika Anda memiliki sebuah bisnis. Dengan berwirausaha Anda akan mudah mengendalikan keuangan sehingga Anda bisa lebih nyaman menikmati kehidupan. Selain bermanfaat bagi untuk Anda mendapatkan pemasukan, barang atau jasa yang Anda tawarkan bisa berguna untuk orang lain.

Cara Menghemat Keuangan dengan Aplikasi Ini

cara menghemat keuanganManusia yang memiliki banyak akal cerdas dalam mengurangi resiko atau memecahkan masalah bisa mempermudah kegiatan kita sehari-hari. Salah satunya menciptakan inovasi baru melalui sebuah aplikasi. Tidak hanya aplikasi yang menghibur, tetapi juga aplikasi yang memberikan pengetahuan hingga memberikan solusi seperti cara menghemat keuangan secara efektif. Aplikasi ini bertujuan memberikan Anda peluang  untuk menumbuhkan rasa ingin menabung dalam diri sendiri. Sudah kita ketahui pula uang yang tersisihkan secara baik akan sangat berguna sebagai dana darurat jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan harus terjadi pada Anda. Yuk, mulai hemat uang Anda dengan aplikasi berikut ini.

1. Learn Vest

Salah satu perusahaan keuangan pribadi ini bernama Learn Vest. Sangat membantu anak muda untuk belajar mengelola keuangan dengan baik. Bebas digunakan karena Anda akna mendapatkan link ke rekening Anda untuk melacak pengeluaran, membuat anggaran dan menciptakan tabungan dengan baik. Anda akan dengan mudah mengetahui apa yang terjadi dengan keuangan Anda sehingga akan mudah mengevaluasi pengeluaran.

3. Mint

Mint menjadi solusi lain untuk Anda yang masih bingung cara menghemat keuangan. Dengan aplikasi Mint bisa kelola pendapatan yang berhubungan dengan semua akun Anda. Menempatkan semua pengeluaran berdasarkan kategori secara tapat. Kelebihan lain dari aplikasi Mint Anda bisa membuat pengingat pembayaran tagihan, memeriksa skor kredit, membuat anggaran tertentu. Hal paling penting lainnya Anda akan menerima tips yang disesuaikan untuk menurunkan biaya dan menghemat uang berdasarkan bagaimana cara Anda menghabiskan uang.

3. Level Money

Pada dasarnya ini menjadi sebuah meteran uang Anda. Aplikasi akan secara otomatis menganalisis kebiasaan belanja dan melihat apa saja kebiasaan tersebut. Akan terlihat di mana Anda menghabiskan uang dan membuat Anda sedikit terkejut setelah mengetahuinya. Karena akan menyadarkan Anda, uang tersebut digunakan untuk hal-hal kecil yang tidak terlalu penting. Sehingga dengan mudah mengubah kebiasaan belanja demi menjaga keuangan Anda.

4. Good Budget

Dengan Good Bugdet memperlihatkan uang yang sudah Anda belanjakan. Bisa dihubungkan dengan rekening tabungan serta kartu kredit Anda. Analisa uang yang sudah terpakai dapat terlihat dengan jelas. Tetapi Anda juga bisa mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk membiayai pengeluaran penting lainnya.

5. Digit

Aplikasi digit sangat cocok untuk Anda yang sulit menabung. Terhubung dengan rekening tabungan, Anda akan memiliki asisten yang akan memantau penghasilan hingga kebiasaan belanja. Secara otomatis uang akan tersisihkan dan tersembunyi dalam rekening tabungan lainnya untuk beberapa hari dan Anda tidak perlu membayar layanan tersebut.

Tips Mudah Mengatur Keuangan Keluarga

mengatur keuangan keluargaJika berbicara mengenai kebutuhan finansial, tentu Anda dan pasangan harus bisa bekerja sama bisa memenuhinya. Mengatur keuangan keluarga, masing-masing individu memiliki tugasnya sendiri entah mencari nafkah hingga mengelola pemasukan dengan baik. Berikut tips yang bisa Anda coba.

1. Inisiatif

Sebagai seorang perempuan terutama jika sudah menjadi ibu rumah tangga, biasanya dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Anda juga tentu memiliki keingan tersendiri seperti ingin membeli barang atau gadget yang disukai. Sebagian dari Anda mungkin dengan enak hati meminta kepada suami, padahal terkadang Anda tidak mengetahui keadaan uang suami. Untuk mencegah uang terpakai secara drastis karena memenuhi keinginan Anda, sebaiknya mulailah berinisiatif.

Dengan inisiatif menyisihkan uang belanja sehari, maka akan mudah membeli keinginan Anda tanpa merepotkan suami. Selain itu, seorang ibu rumah tangga juga penting memahami investasi, karena dengan modal sedikit di reksa dana dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tidak ada salahnya menyisihkan uang lalu ditanamkan menjadi investasi, dalam setahun Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat berguna bagi kebutuhan keluarga.

2. Mengubah hobi menjadi penghasilan

Memiliki tanggung jawab yang berat, berdedikasi bekerja di rumah bukan berati tidak memiliki kesempatan memiliki pekerjaan lain. Jika tidak mampu mencari penghasilan tambahan di luar rumah demi mengatur keuangan keluarga Anda, maka mulailah berbisnis. Anda bisa melalukan pekerjaan rumah dengan sedikit kesibukan yang bermanfaat dan menghasilkan. Ubah hobi Anda seperti memasak, menjahit, membuat kerajinan tangan dan lain-lain menjadi sebuah penghasilan. Dengan adanya teknologi saat ini, mudah sekali mempromosikan barang Anda kepada orang lain. Selain itu, kerabat terdekat juga bisa menawarkan produk Anda kepada teman-temannya maka produk atau jasa bisnis Anda lebih mudah dikenali.

3. Ajak pasangan untuk berdiskusi masalah finansial

Ini saatnya untuk Anda melibatkan pasangan dalam mengelola finansial bersama. Gunakan waktu yang tepat untuk membicarakannya seperti saat weekend. Memang istri berperan penting menjaga uang keluarga, tetapi tidak ada salahnya sebagai suami juga bisa mengetahui dan memecahkan masalah keuangan. Selain obrolan santai tersebut bisa mengatasi masalah, akan memberikan Anda dan keluarga untuk saling memahami dan meminimalisir pertengkaran.