5 Masakan Sunda Paling Populer

Untuk urusan kuliner, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki daya tarik dan keunikannya masing-masing. Hal ini pun juga dimiliki oleh masakan Sunda yang berasal dari tanah Jawa Barat. Banyak sekali masakan khas Sunda yang mampu membuat air liur Anda menetes dan tidak sabar untuk mencicipinya. Meski masakan Sunda bisa Anda temui diberbagai sudut kota, termasuk Jakarta, Anda jangan sampai melewatkan kuliner yang benar-benar otentik seperti makanan yang akan dibahas berikut ini.

Nasi timbel

Terkadang, ada momen di mana Anda bosan menyantap nasi biasa. Tetapi, Anda tidak terlalu suka dengan tekstur dan rasa nasi merah. Tenang saja, masalah Anda bisa ditangani dengan mengolah nasi putih menjadi nasi timbel. Masakan Sunda yang satu ini sangat mudah untuk Anda buat. Anda hanya perlu membungkus nasi dengan daun pisang, lalu dikukus hingga daun pisang menjadi layu.

Perpaduan aroma daun pisang dan nasi mampu menciptakan rasa special yang akan membuat Anda berselera untuk menyantapnya. Apa lagi, jika Anda menambahkan lauk seperti ayam, bebek, tahu, tempe, hingga sambal terasi.

Gepuk

Apa Anda termasuk pecinta daging? Jika iya, maka Anda harus mencicipi Gepuk dari tanah Jawa Barat ini. Campuran beberapa bumbu dan santan pada daging sapi ini menciptakan rasa yang manis sekaligus gurih saat menyentuh lidah Anda. Rasa dagingnya yang empuk membuat kenikmatan masakan Sunda ini bertambah dua kali lipat.

Untuk menyantapnya, Anda bisa memadukan Gepuk dengan nasi uduk atau nasi putih hangat, tempe goreng, dan sambal terasi. Di jamin, aktivitas makan Anda akan sangat nikmat dan penuh dengan kelezatan.

Pepes

Di tanah Sunda, pepes lebih dikenal dengan sebutan Pais. Pada dasarnya, masakan Sunda ini disajikan dengan dibungkus daun pisang, lalu dikukus atau dibakar hingga matang. Namun, jangan lupa untuk menambahkan bumbu-bumbu yang diperlukan demi menambah citarasa masakan ini.  Bahan dasar untuk membuat masakan ini pun mudah ditemukan. Biasanya bahan-bahan tersebut anatara lain tahu yang dihaluskan, oncom, ikan teri, jamur, daging sapi , bahkan seekor ikan mas.

Untuk menyantap masakan Sunda ini, Anda bisa memadukan pepes favorit dengan nasi timbel atau nasi merah. Kenikmatannya akan bertambah jika Anda menyantapnya di saung dengan pemandangan sawah dan angin menyejukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *