5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Image result for negative thinkingSesekali berpikiran negatif memang boleh tetapi terlalu sering berpikiran negatif sangat tidak baik dan malah menyebabkan masalah dan penyakit. Bahkan, selalu dalam pikiran negatif bisa menjadi kebiasaan yang merugikan diri sendiri dan orang. Menghilangkan suatu pikiran negatif memang tidak mudah karena bisa muncul kapan saja dan bahkan bisa tanpa disadari. Misalnya, ketika memikirkan sesuatu hal yang bahkan belum terjadi dan Anda terlalu khawatir. Anda harus mulai melatih pikiran positif dalam diri agar terhindar dari pikiran-pikiran tersebut. Berikut ini cara untuk mengatasi pikiran negatif.

Memahami Pikiran Sendiri

Hal pertama adalah untuk mengenal apa saja hal yang masuk ke dalam pikiran. Coba sebutkan apa saja yang suka terlintas dalam pikiran Anda. Pahamilah semua itu, lihatlah dari sisi baiknya. Jangan semua dimasukan kedalam hal yang negatif karenanya Anda harus memilah hal-hal tersebut. Kalau bisa lihatlah semuanya dalam prespektif yang positif karena berpikir negatif hanya akan membuat Anda berburuk sangka saja.

Ketahui Pikiran Negatif Bisa Menjadi Masalah

Pikiran yang negatif dalam berimbas kepada perilaku dan kegiatan sehari-hari Anda. Sebab itulah berpikiran negatif hanya membuat masalah saja. Imbasnya juga tak main-main, mulai fisik dan batin Anda akan terpengaruh. Yang paling parah jika mental sudah terganggu, cobalah untuk meminta bantuan profesional seperti pergi ke psikiater yang bisa menangani keadaan yang sudah parah, seperti depresi mendalam misalnya.

Membaca

Saat pikiran negatif sedang menghantui, cobalah untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai seperti membaca buku. Dengan membaca buku dapat menyegarkan pikiran Anda supaya pikiran lebih fresh dan pikiran yang tidak-tidak tersebut mereda dan menghilang. Cobalah untuk membaca buku favorit Anda.

Curhat

Luangkan isi pikiran Anda, entah kepada orang tua atau kepada teman terdekat dan sahabat. Jangan pernah memendam perasaan karena hanya akan membuat pikiran negatif saja. Pastikan orang yang Anda ajak curhat adalah pendengar yang baik yang mampu memahami isi hati Anda.

Bergaul Dengan Orang-orang Positif

Pergaulan yang dijalani termasuk kedalam faktor pembentukan diri. Oleh karena itu, kita harus lebih seleksi lagi dalam bergaul. Coba bergaul dengan orang-orang yang penuh dengan aura positif maka hidupmu pun akan ikut positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *