5 Cara Mempersiapkan Uang Pensiun Dari Sekarang

uang pensiunKetika masih muda ada banyak hal yang bisa dilakukan karena kita mempunyai banyak tenaga dan energi yang tersimpan. Misalnya, melakukan banyak pekerjaan atau usaha sampingan untuk menabung uang pensiun sebagai tambahan untuk digunakan di hari tua nanti. Selagi muda, seharusya kita harus lebih giat lagi dalam bekerja. Masa muda bukan saatnya untuk bermalas-malasan karena ada segudang hal yang hanya dapat dilakukan di masa itu. Tetapi bukan berarti kita juga bisa menghambur-hamburkan uang begitu saja. Mengumpulkan uang pensiun sejak awal adalah langkah yang tepat jika ingin masa tua terasa tentram dan tak terbebani karena tidak adanya dana penunjang. Berikut ini cara bagi Anda yang ingin mempersiapkan uang pensiun mulai dari sekarang!

1. Jangan Ditunda-tunda

Jangan pernah menunda-nunda mempersiapkan uang pensiun Anda. Jika Anda memulai pekerjaan di usia 20-an maka mulailah mengumpulkannya dari saat itu juga. Biasakan untuk menabung dan menyisihkan uang dari gaji Anda. Atau mintalah bantuan dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam mengurus keuangan untuk membantu Anda dalam berhemat. Setidaknya, sisakan 3% sampai 10% dari penghasilan untuk ditabung setiap bulannya.

2. Membuat Rincian Pengeluaran

Kebiasaan ini terdengar sepele namun akan sangat berpengaruh dalam pengelolaan keuangan Anda. Mulailah untuk membiasakan diri mencatat segala pengeluaran yang Anda lakukan setiap harinya. Misalnya, dalam sehari hitunglah dana yang dikeluarkan dan kalkulasikan untuk sebulan. Kira-kira berapa yang dikeluarkan? Untuk menghemat, cobalah membawa makanan dari rumah dari pada harus membeli makanan di luar dengan harga yang lumayan mahal. Hal-hal kecil seperti ini dapat membantu Anda untuk mengumpulkan uang pensiun.

3. Hindari Utang

Dalam mengatur keuangan pasti kita akan melakukan kecerobohan atau hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat kita akan melakukan langkah yang seharusnya dihindari, yaitu berhutang. Dan jika Anda sudah memiliki utang lebih baik lunasi dari sekarang karena hanya akan merugikan Anda dengan biaya bunga yang semakin besar jika menunggak dalam waktu yang lama. Dengan bebas utang maka Anda akan bisa lebih fokus menabung uang pensiun.

4. Menyiapkan Dana Pensiun

Dana darurat adalah dana yang akan menyelamatkan kita di masa-masa sulit. Jangan sampai lupa untuk menyiapkan dana ini. Setidaknya, untuk yang masih lajang harus mempersiapkan dana sebesar 3 kali gaji bulanan atau bagi yang sudah berkeluarga harus mempunyai dana yang nominalnya 6 kali lebih dari gaji. Hal ini dilakukan agar uang pensiun yang sewaktu-waktu bisa terpakai punya gantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *