4 Cara Mudah Mengelola Keuangan Untuk Masa Pensiun

masa pensiunMasa muda adalah masa-masa yang memang harus dinikmati karena disaat itulah kita mencari banyak kesenangan dan identitas diri. Di saat itu juga kita memiliki banyak waktu dan energi yang membuat kita bisa lebih aktif dan produktif terutama dalam bekerja. Dan saat itu juga, kita dapat mencari penghasilan untuk diri sendiri sebanyak-banyaknya tetapi jangan sampai tergoda dengan nominal uang yang didapat dan malah memakainya untuk dibelikan hal-hal yang tidak penting alih-alih mengumpulkan tabungan untuk masa pensiun.

Memang saat ini Anda masih merasa sehat tetapi mungkin nanti ketika usia sudah menginjak 45-50 tahun pasti Anda akan berpikir tentang pensiun dini. Tak ada salahnya melakukan pensiun dini jika dirasa sudah waktunya untuk beristirahat. Namun, jangan melupakan faktor tabungan uang pensiun yang harus sudah dipersiapkan sejak awal. Berikut ini cara mudah mengelola uang untuk masa pensiun!

1. Memaksakan Diri untuk Menabung

Menabung bukanlah hal yang mudah, kebanyak gaji yang diterima hanya bertahan sampai pertengahan bulan saja. Hal itu disebabkan karena gaya hidup hura-hura yang tidak terkontrol. Seperti terlalu menuruti untuk memenuhi keinginan dari pada memenuhi kebutuhan hidup. Ingatlah, bahwa nominal gaji yang Anda dapat mencukupi biaya kehidupan Anda jika Anda mampu mengontrol nafsu. Biasakanlah untuk menyisikan uang gaji Anda di awal bulan untuk ditabung dan agar terhindar dari pengeluaran yang tidak diperlukan. Masa pensiun juga tidak hanya bisa diandalkan dari uang tabungan saja. Berinvestasilah untuk menambah pemasukan. Ini adalah cara cerdas agar masa pensiun jadi aman dan tentram.

2. Membuat Rencana Keuangan

Buatlang rencana keuangan yang sederhana, seperti hanya memuat pendapatan dan pengeluaran dan proyeksi nominal dari harta yang ingin didapatkan dalam satu periode. Bisa Anda buat dalam jangka pendek atau jangka panjang. Misalnya, 1 tahun dan 10 tahun kedepan. Yang terpenting adalah memuat semua rincian biaya pengeluaran yang dilakukan agar dapat melakukan evaluasi. Jangan sepelekan cara ini karena dapat mempengaruhi masa pensiun. Jika tidak membiasakan cara ini, kemungkinan Anda melakukan pemborosan secara kasat akan dapat merugikan karena terus-terusan terjadi.

3. Start Now!

Kebiasan menunda-nunda hanya akan menimbulkan penyesalan saja. Ketika Anda sudah memiliki rencana untuk mengatur dana pensiun tetapi karena tak kunjung dikerjakan akibat menunda-nunda pada akhirnya malah membuat masa pensiun serba kekurangan dan kesusahan karena tak ada biaya atau dana yang dikumpulkan. Ubahlah kebiasaan buruk ini dan juga ubahlah mindset Anda. Mulailah biasakan diri untuk menabung dan berhemat sejak awal untuk tidak merugikan diri sendiri di pada masa pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *