4 Cara Aman Menyiapkan Tabungan Pensiun Sejak Dini

tabungan pensiunMerencakanan untuk mengambil pensiun dini memang harus dipikirkan matang-matang. Bagi sebagian orang, membayangkan masa pensiun yang setelah aktif bekerja selama puluhan tahun dan harus berhenti begitu saja bukanlah yang mudah. Namun, bagi sebagian lagi pensiun adalah hal yang ditunggu-tunggu karena dapat fokus melakukan banyak kegiatan yang sudah menjadi passion dari dulu, seperti traveling, membuka usaha dan hal-hal yang disukai lainnya. Jika berminat pensiun maka Anda harus tahu apa saja risiko yang akan terjadi. Salah satunya adalah masalah keuangan. Usahakan sebelum pensiun untuk mempersiapkan tabungan pensiun yang dapat membantu keuangan Anda karena gaji yang didapat hanya berupa gaji pensiunan saja. Berikut ini cara aman untuk menyiapkan tabungan pensiun hari tua Anda.

1. Jangan Bergantung pada Perusahaan

Kebanyakan para  keuanganannya bergantung pada perusahan. Bagi Anda yang seorang pensiunan cobalah untuk tidak bergantung pada perusahaan karena uang pesangon yang diberikan pihak perusahaan mungkin tidak akan cukup untuk menutupi semua kebutuhan hidup. Karena nominal uang pesangon akan berkurang dari gaji Anda yang sebenarnya. Solusinya adalah cobalah untuk mengatur keuangan Anda sejak saat masih bekerja dengan mempersiapkan tabungan pensiun dari awal.

2. Mengikuti Program Tabungan Pensiun di Bank

Untuk mengelola tabungan pensiun memang bisa dimana saja. Salah satunya, Anda bisa mengikuti berbagai macam program yang dibuat oleh Bank untul mengelola dana pensiunan Anda. Program ini dirancang untuk Anda yang susah mengotrol untuk menyisihkan uang. Terlebih lagi banyak orang memilih cara memenuhi kebutuhan dulu baru menabung alhasil tidak ada uang yang tersisa untuk ditabung. Padahal yang seharusnya dilakukan adalah kebalikannya.

3. Memisahkan Tabungan dengan Dana Darurat

Memang dalam dana cadangan selalu dibutuhkan sewaktu-waktu tapi Anda juga harus sadar bahwa dana darurat dan tabungan pensiun adalah yang hal dipisahkan. Jangan gunakan tabungan sebagai dana yang bisa dipakai kapanpun disaat darurat karena hanya akan menguras perlahan-lahan uang tabungan tersebut. Biasakanlah untuk memisahkannya dari awal.

4. Gaji Naik Maka Tabungan Juga Naik

Selama Anda bekerja pasti Anda memiliki prestasi yang membuat jabatan terus naik dan membuat nominal gaji yang didapat juga semakin naik. Maka yang perlu Anda lakukan agar masa-masa tua Anda nyaman adalah dengan meningkatkan nilai tabungan juga. Hindari sikap hura-hura dan menghambur-hamburkan uang karena hanya akan merugikan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *