3 Minuman Tradisional Nusantara Wajib Dicoba

Bagi Anda yang menyukai aktivitas berwisata kuliner, mungkin Anda tidak asing lagi masakan nusantara yang ada di seluruh Indonesia. Meski sudah banyak kota yang Anda sambangi, apa Anda sudah pernah mencicipi berbagai minuman tradisional Indonesia? Nyatanya, minuman khas nusantara ini tidak kalah menarik untuk Anda cicipi. Yuk, simak berbagai minuman khas Indonesia berikut ini.

Cendol

Dari banyaknya minuman tradisional Indonesia, mungkin cendol adalah yang familiar untuk Anda. minuman yang terbuat dari tepung beras dan disajikan denga es serut, gula merah cair, dan santan ini paling nikmat disantap saat siang hari di mana matahari sedang terik-teriknya. Warna hijau dari cendol ini pun berasal dari pewarna alami, yaitu memanfaatkan sari daun pandan atau daun suji.

Sebenarnya, minuman tradisional ini memiliki banyak nama berbeda untuk setiap daerah Indonesia. Misalnya di tanah Sunda, minuman ini dikenal dengan nama cendol, sementara di Jawa Tengah lebih dikenal dengan nama dawet.

Bir Pletok

Jika biasanya bir menjadi minuman memabukan, beda halnya dengan bir pletok. Minuman trdisional ini terbuat dari tumbuhan dan rempah-rempas khas Indonesia. Dengan bahan-bahan alami yang digunakan, minuman tradisional ini memiliki manfaat untuk menyegarkan dan menghangatan tubuh. Tetapi, jika Anda meminumnya di siang hari, menambahkan es batu bisa merubah Bir ini menjadi minuman pelepas dahaga.

Untuk membuat minuman khas Betawi ini, Anda hanya membutuhkan jahe, kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang, dan gula. Kemudian, rebus bahas-bahan tersebut bersamaan hingga mendidih dan mengeluarkan aroma harus yang nikmat.

Limun Sarsaparilla

Saat mendengar Sarsaparilla, mungkin Anda akan teringat dengan Root Beer. Jangan salah, Indonesia pun memiliki minuman Sarsaparlilla yang bernama Limun Sarsaparilla. Di tahun 1950-an, minuman ini sangat populer di Yogyakarta. Bahkan minuman tradisional dengan warna ungu kecoklatan ini masuk ke dalam jajaran minuman elit pada zamannya. Rasa minuman ini pun cukup menarik, perpaduan rasa mint dan efek soda akan begitu terasa saat Anda mencobanya. Bukan hanya itu, Anda akan mengalami sendawa setelah meminumnya, sama efeknya seperti Anda meminum soda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *