3 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Contoh

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia bisnis Indonesia sedikit banyak mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang bisa terlihat ialah munculnya bisnis digital. Sebenarnya, hal ini bukan sesuatu yang baru, karena Kaskus sudah muncul sejak tahun 2008. Forum diskus terbesar di Indonesia ini seperti menjadi pembuka bagi ide bisnis digital lainnya, karena setelahnya mulai banyak bisnis-bisnis sejenis yang meramaikan pasar Indonesia. Selain itu, faktor lain yang membuat bisnis ini tumbuh subur di Indonesia ialah masuknya fasilitas internet.  Terlepas dari itu, artikel ini akan membahas hal mengenai beberapa ide usaha berbasis digital yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Transportasi dan Akomodasi

Kemunculan jasa transportasi yang bisa dipesan secara online seperti membuka sudut pandang baru dalam ide bisnis digital di Indonesia. Meskipun peluang bisnis ini mungkin hanya dikuasi oleh para perusahaan besar saja, tetapi Anda tidak mengetahui bahwa mereka juga merupakan bisnis yang dibangun dari nol dan terus melakukan inovasi hingga sukses. Selain transportasi, ide lainnya adalah dengan membuat sebuah layanan akomodasi online untuk memesan tiket pesawat, hotel, hingga yang lainnya. Bila Anda ingin memulai bisnis jenis ini, mungkin kedua ide ini bisa menjadi inspirasi Anda.

Marketplace

Jika Anda ingin terjun ke dunia digital, maka Anda harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce atau toko online. Marketplace adalah toko online yang menyiapkan tempat untuk para pedagang berjualan di tempat mereka. Marketplace juga bisa dikatakan sebagai mall online. Di sini, Anda bisa menemukan banyak pedagang-pedagang virtual yang menjual beragam jenis barang yang dibutuhkan konsumen. Mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, hingga makanan. Ide bisnis digital ini masih cukup menjanjikan, meskipun sudah ada beberapa perusahaan besar yang menjadi favorit konsumen. Hal ini bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk menjalankan bisnis ini. Jika Anda bisa memberikan inovasi yang lebih, maka bisnis Anda akan sukses dan terus berkembang.

Financial Technology

Ternyata, bukan hanya transportasi dan akomodasi saja yang bertransformsi menjadi online ternyata bisnis keuangan pun tidak mau ketinggalan zaman. Saat ini, untuk mengajukan aplikasi kartu kredit, pembukaan tabungan, hingga melakukan pinjaman dana tidak mengharuskan Anda untuk datang langsung ke Bank konvensional. Dengan memanfaatkan financial technologi atau fintech nAnda sudah bisa mendapatkan kebutuhan di atas. Tidak perlu diragukan lagi, ide bisnis digital seperti fintech masih cukup menjanjikan untuk Anda lakukan. Terlebih, masyarakat Indonesia semakin sering melakukan peminjaman dan transaksi perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *